Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Dandim 0719 Letkol Mukhamad Husnur Rofiq dan Kapolres AKBP Warsono saat menyerahkan bantuan untuk warga Desa Gedangan disaksikan ketua PMI Jepara Sutejo dan Kepala Pelaksana BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto (Foto: Hadepe|- Roos)

JEPARA (SUARABARU.ID) –Pj Bupati Jepara  Edy Supriyanta bersama Dandim 0719  Letkol Mukhamad Husnur Rofiq dan Kapolres AKBP Warsono   telah  mengunjungi 245  warga terdampak banjir di  wilayah RT 03/RW 01 dan RT 01/RW 02  Desa Gedangan Desa Gedangan, Welahan, di Balai Desa  Senin siang (2/1-2023). Dalam kunjungan tersebut juga diserahkan bantuan  untuk warga terdampak.

Turut mendampingi, Plt Asisten 2 Sekda Jepara  Hartaya, Ketua PMI Sutejo SS serta Kepala Pelaksana BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto. Rombongan  disambut Camat Welahan Sundari bersama Forkopimcam, dan Petinggi  Gedangan Jayus Santoso bersama warga di Balai Desa Gedangan.

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengingatkan bahwa cuaca ekstrem ini menyebabkan Jepara terjadi banyak bencana mulai tanah longsong, romah roboh hingga banjir baik yang menggenangi pemukiman maupun  lahan pertanian. “Karena itu kami meminta warga agar waspada dan  hati-hati,” pintanya.

Kemudian terkait dengan wilayah wilayah RT 03/RW 01 dan RT 01/RW 02  Desa Gedangan yang menjadi langganan banjir karena letaknya lebih rendah dari aliran SWD 1, maka  akan dibelikan 3 pompa air untuk membuang air limpasan. Sedangkan untuk areal pertanian yang terdampak banjir ia telah meminta Dinas Ketahahan Pangan dan Pertanian untuk melakukan pendataan.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Dandim 0719 Letkol Mukhamad Husnur Rofiq dan Kapolres AKBP Warsono (Foto: Ros)|

“Dengan demikian kita dapat membantu para petani dengan cepat serta segera dapat memperbaiki infrastruktur pertanian yang rusak. Harapan kami  petani yang lahannya puso dapat segera mendapatkan bantuan bibit untuk ditanam kembali pasca cuaca ekstrem,” ujarnya.

Sebelumnya Petinggi Gedangan Jayus Santoso menjelaskan , wilayah RT 03/RW 01 dan RT 01/RW 02 memang menjadi langganan banjir. Sebab wilayah kedua RT tersebut lebih rendah dari SWD 1. Akibannya jika SWD 1 kondisi airnya tinggi, maka maka limpahan  air hujan dari pemukiman warga disekitar wilayah tersebut tidak bisa masuk  ke SWD1 hingga menggenangi rumah penduduk.

Ia mengungkapkan, di kedua wilayah tersebut  menjadi langganan banjir. “ Harapan kami ada solusi yang permanen dari pemerintah,” ujarnya.

Dalam kesempatan  tersebut Pj Bupati dan Forkopimda juga telah menyerahkan bantuan dari PMI meliputi, sarung 28 pcs, handuk 30 PCS, sikat  100 PCS , gayung  25 PCS, sampoo 25 PCS,  sabun cuci  35 PCS,Sabun Mandi  100 PCS,.

Disamping itu ada juga  pembalut  17 PCS, terpaulin  3 PCS , tikar  3 PCS, air mineral 50 Dos 50, baby kit 5 bok. Baju 1 Dus,  Pampers L 4 Pack,  Pampers M 5 Pack,  Pampers  XL 3 pack, Susu Bendera 1 Dos, Biskuit 1 Dos, minyak kayu putih PCS 12 dan susu SGM 1+ Pack 3. Juga ada beras 35 paket, mie 4 dos dan bantuan dapur umum senilai Rp. 2 juta.

Hadepe