blank
Pemancing dari berbagai desa di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang mengikuti lomba mancing ikan lele yang dilakukan oleh relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar). Foto: Dok/Des Ganjar

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Puluhan “Angler” alias pemancing dari berbagai desa di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang mengikuti lomba mancing ikan lele yang dilakukan oleh relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut tahun baru 2023 yang berlangsung di Pemancingan Gumuk Kalitelon, Dusun Deles Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu (1/1/2023).

Kegiatan berlangsung meriah. Selain
lomba mancing ikan lele, masyarakat juga disuguhi dengan kegiatan lainnya, seperti senam pagi dan hiburan angklung tegaron dan topeng ireng.

Antusiasme masyarakat ditunjukkan dengan banyaknya warga yang hadir menyaksikan maupun berjoged bersama dengan relawan.

“Ini merupakan partisipasi aktif dari masyarakat Banyubiru agar datang dalam kegiatan ini, baik yang menjadi peserta lomba mancing maupun para warga yang terdiri dari ibu-ibu, bapak-bapak, pemuda dari berbagai kalangan,” kata Agus, selaku Koordinator Des Ganjar Kecamatan Banyubiru.

Menurut Agus, warga mendukung dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan tersebut. “Persiapan kami cukup singkat, hanya satu minggu, tapi antusiasme masyarakat sangat tinggi. Sejak pagi hari masyarakat sudah berbondong-bondong untuk datang,” terang Agus.

Agus berharap, kegiatan serupa akan terus berlanjut untuk menyalurkan minat, hoby dan ketertarikan masyarakat setempat. “Kami berharap kedepan kegiatan serupa bisa terus kami gelar di sini. Kegiatan positif ini tak lain untuk mempersatukan dan mempererat tali silaturahmi,” tukas Agus.

Agus menambahkan, perlombaan mancing asik ini rencananya akan menjadi agenda rutin dengan melibatkan masyarakat dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal tersebut bertujuan untuk menyokong perekonomian daerah.

“Kami juga ingin mempromosikan desa kami agar lebih dikenal oleh masyarakat di luar Semarang. InshaAllah ini akan menjadi agenda rutin kami,” imbuhnya.

Dalam lomba tersebut, ikan lele berpita seberat 3 kilogram menjadi penentu kemenangan dalam lomba mancing lele kali ini.

“Tujuh orang pemenang berhak mendapatkan hadiah dari relawan Des Ganjar,” tandasnya.

Pada kesempatan itu juga dimeriahkan dengan pertunjukkan hiburan seni angklung dan seni tari dari sanggar seni lokal wilayah setempat. “Mudah-mudahan masyarakat terhibur dan bisa terus produktif di tengah waktu libur seperti ini,” jelasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan relawan Des Ganjar ini untuk mempertegas posisi Ganjar Pranowo dalam pemilihan Presiden 2024 yang kian dekat.

Ning Suparningsih