blank
Foto almarhum Soni Tonapa yang di posting di instagramnya

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jasad Soni Tonapa (25) yang ditemukan di Pantai Bondo akhirnya diambil kakak kandungnya dari kamar jenazah RSUD RA Kartini Senin siang  (2-1/2023).  Rencananya, jenazah sore ini akan dibawa pulang ke,  Desa  Pata Padang, Kecamatan Banggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan dari bandara Ahmad Yani Semarang.

Menurut Alfian Toraja dalam wawancara khusus dengan SUARABARU.ID melalui pesan WhatsApp, almarhum adalah anak ke 3 dari 6 bersaudara keluarga pasangan Kaledanun dan Tonapa. Ia adalah alumni Akademi Maritim Djajat Jakarta dan sejak bulan November 2022 bekerja di sebuah perusahaan.

blank
Keluarga Soni Tonapa saat mengambil jenasah di RSUD RA Kartini Jepara

Namun ia mengaku tidak mengetahui secara persis kronologi kejadian hingga adik kandungnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Pantai Bondo Jepara tanggal 1 Januari 2023.

“Kami bersyukur bahwa akhirnya jenazah Soni Tonapa ditemukan. Oleh sebab itu kami berterimakasih pada masyarakat dan tim SAR yang berhasil mengevakuasi jasad dan simpan dengan baik di RSUD RA Kartini Jepara,” ujar Alfian yang tinggal di sebuah desa di Boyolali.

Secara khusus ia juga mengucapkan   terimakasih kepada kepolisian resort Jepara khususnya Kasat Reskrim Polres Jepara AKP Ahmad Masdar Tohari yang sudah berkomunikasi dengan cepat dengan jajaran kepolisian di Toraja Utara  hingga keluarga dengan cepat mengetahui penemuan jasad adik kandungnya

blank
Foto Soni Tonapa yang diu7nggah di instagramnya

Sementara Kasat Reskrim Polres Jepara AKP Ahmad Masdar Tohari menjelaskan begitu mengetahui identitas korban melalui KTP Minggu (1/1-2023) sore  ia langsung memberi  informasi  Polsek setempat. Akhirnya dapat dilakukan koordinasi dengan keluarga korban.

“Setelah berkoordinasi, kami mendapatkan nomor telepon kakak kandung korban yang tinggal di Boyolali dan kemudian bisa memberi informasi penemuan jenazah Toni Tonapa di Jepara,” ujar Ahmad Tohari yang pernah bertugas di Polsek Rantepao, Polres Tana Toraja.  

Dari penelusuran SUARABARU.ID Soni Tonapa memiliki IG sonitonapa49 https://instagram.com/sonitonapa49?igshid=Yzg5MTU1MDY=.

Dari postingan Soni Tonapa di IG dapat diduga ia adalah seorang pelaut. Sebab dalam unggahan sonitonapa49  terlihat foto dengan atribut  pelaut.   Pada IG tersebut ia mengunggah foto pertama 3 Juli 2018 dengan baju seragam putih, lengkap dengan topi dan atribut.

Sedangkan tanggal 16 Juli 2018 ia mengungah foto bersama 4  orang temannya dengan seragam khas pelaut. Pada tanggal 6 Agustus 2018, sonitonapa49 juga mengunggah foto  bersama 15 temannya yang berseragam di depan sebuah gedung. Juga diatas kapal dalam pakaian   dinas pelaut.

Terakhir sonitonapa49 mengunggah foto tanggal 30 Maret 2022.  Nampak Soni Tonapa mengenakan baju  seragam warna putih, dengan mengenakan topi dan memegang pedang di tangan kiri,  medali dileher dan  dan tangan kanan memegang bumbung kertas yang lazim di gunakan untuk prosesi wisuda. Dibelakang Soni ada banyak orang yang nampak hadir dalam suatu acara.

Hadepe