blank
Sekda Wonogiri, Haryono (depan kiri) menandatangani naskah ikrar netralitas ASN. Penandatanganan berlangsung, setelah dilakukan pengucapan ikrar bersama seluruh ASN jajaran Setda Wonogiri.(Dok.Prokopim Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Hari pertama masuk kerja di Tahun Baru 2023, Senin (2/1), diawali dengan apel bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Wonogiri. Bersamaan itu, juga dilakukan ikrar netralitas ASN dalam Pemilu serentak 2024 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonogiri, Drs Haryono MM, tampil sebagai pimpinan apel. Sekaligus memimpin pengucapan ikrar netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 mendatang.

Esti dari bagian Prokopim Pemkab Wonogiri, mengabarkan, pengucapan ikrar ditirukan oleh ratusan ASN di Setda yang hadir dalam apel. Pengucapan ikrar dilakukan dalam rangka menyukseskan pelaksaaan Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Sekda Haryono, mengingatkan, netralitas ASN tercantum dan diamanatkan oleh Undang Undang (UU) Nomor: 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil, serta PP Nomor: 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hak Pilih

Tidak seperti TNI dan Polri yang benar-benar netral tidak mempunyai hak pilih, ASN tetap punya hak pilih. ”ASN tetap diberikan hak politik untuk melakukan pencoblosan saat Pemilu. Tapi harapan kami, para ASN tidak terpengaruh oleh kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok tertentu. Netralitas ASN harus betul-betul dijaga,” tegas Sekda Haryono.

Kepada semua ASN yang ada di unit kerja masing-masing di jajaran Pemkab Wonogiri, diharapkan bisa menegakkan aturan netralitas. Juga proaktif dalam menciptakan suasana yang kondusif dalam Pemilu 2024 mendatang.

Kegiatan apel pagi di hari pertama Tahun Baru 2023, diakhiri dengan penandatangan berita acara ikrar netralitas ASN oleh Sekda yang didampingi para Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Setda Wonogiri. Yakni Staf Ahli Bupati bersama para Asisten Sekda.

Bambang Pur