blank
Para personel TNI dari Koramil-08 bersama anggota Polsek Giriwoyo, Wonogiri, bersinergi proaktif melakukan pengamanan perayaan Tahun Baru.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sinergi TNI-Polri Wonogiri bersama aparat terkait, proaktif mengamankan event perayaan Tahun Baru 2023 yang berlangsung di semua lokasi. Termasuk pengamanan umat Kristiani yang melakukan ibadah di gereja-gereja.

Di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, personel TNI dari Koramil-08 Serka Bejo Sariyono dan Sertu Sriyanto, bersinergi dengan anggota Polsek Giriwoyo Aiptu Riyanto dan Bripka Subagyo, melakukan patroli bersama.

Danramil-08 Giriwoyo Kapten (Inf) Sriyono, melalui Penerangan Kodim 0728 Wonogiri Pelda Indra, Minggu (1/1), menyatakan, kegiatan patroli gabungan bertujuan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif.

Patroli bersama jajaran Koramil dan Polsek, juga dilakukan di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Termasuk melakukan pengamanan bersama sejumlah gereja. Seperti Gereja Segala Bangsa (Gesba) di Dusun Tempel, Desa Kerjo Lor, oleh personel Koramil-03/Ngadirojo Serka Parmin dan Sertu Nur Rohman, bersama anggota Polsek Ngadirojo Aiptu Nuryanto, Briptu Bintang dan Briptu Novan.
 
Gereja Lazarus

Ibadah umat Kristiani di Gereja Katolik Lazarus Dusun Logung, Desa Kerjolor, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, dipimpin oleh Romo Viktor. Pengamanannya dilakukan Serda Kuwato bersama dengan anggota Polsek Ngadirojo Aiptu Lisdiarto.

Danramil-03 Ngadirojo Kapten (Inf) Totok Mardoyo, menyatakan, pengamanan gereja dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi umat yang melaksanakan ibadah. Utamanya ibadah yang berkait dengan Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Sementara itu, pengamanan gereja di Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, dilakukan personel TNI dari Koramil 24/Puhpelem BatiTuud Peltu Bambang dan Babinsa Sertu Parjito. Pengamanan dilakukan bersama anggota Polsek Puhpelem Aiptu Yudo, Bripka Rosit dan Aipda Hanan.

Camat Sidoharjo, Sarosa, menyatakan, sebelum melaksanakan tugas pengamanan Nataru, semua personel mengikuti gelar apel lebih dulu, untuk menerima pengarahan tentang teknis pengamanan dan sasaran lokasi yang diamankan. Di sejumlah desa di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, semarak menggelar aneka hiburan di malam Old and New Year.

Sementara itu, Sertu Sutarto dari Koramil-04 bersama anggota Polsek Nguntoronadi Aiptu Aris dan Bripka Maryadi. melakukan pengamanan ibadah Nataru di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Pepanthan Beji. Itu dilakukan saat umat melakukan ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Dian Sunu Prakosa.


Bambang Pur