blank
Bersamaan dengan acara launching MPP, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (tengah), mengamati tata kelola dan sistem pemberian pelayanan kepada masyarakat.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat di Kabupaten Pacitan, Jatim, yang ingin mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan publik. Kini, Kabupaten  Pacitan, memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP) yang memberikan pelayanan publik terpadu kepada masyarakat.

Acara soft launching MPP dilakukan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Rabu (28/12) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pacitan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, MPP merupakan tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik, dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

Selain perangkat daerah di jajaran Pemkab Pacitan, beberapa instansi vertikal juga telah bergabung untuk memberikan pelayanan masyarakat di MPP Pacitan.

”Hadirnya MPP ini mungkin masih belum sempurna, karena belum mencukupi untuk semuanya. Akan tetapi ada nilai yang bisa kita ambil, yakni kita berani ke arah sana,” kata Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Instansi Vertikal

Bupati menyampaikan hal tersebut cukup beralasan, mengingat MPP Pacitan saat ini secara tampilan belum tampak mewah. Ditambah lagi, ruang yang tersedia masih terbatas. Namun tampilan saja tidak cukup, karena yang terpenting adalah Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya dalam melayani masyarakat.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada instansi vertikal, yang telah bergabung di MPP meskipun kondisinya belum sempurna. Instansi vertikal yang bergabung di MPP diantaranya Kejari, Polres, Kemenag, Taspen, BPJS, KP2KP, ATR/BPN  Bank Jatim dan PDAM.

Menurut Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Pacitan Eni Setyowati, tujuan diadakan MPP adalah untuk mempercepat proses penyelenggaraan pelayanan publik di satu tempat, sehingga masyarakat dapat lebih mudah, efisien dan transparan.

Sedangkan Perangkat Daerah (dinas instansi jajaran) Pemkab Pacitan, meliputi Disdukcapil, Badan Keuangan Daerah (BKD), Disdagnaker, DLH, PUPR, Dinkes, Disparpora, Disdik, Diskop UMKM, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Bambang Pur