Suasana di Pantai Glagah Wangi Istambul Demak. Foto: betanews.com.
Suasana di Pantai Glagah Wangi Istambul Demak. Foto: betanews.com.

SUARABARU.ID – Menurut Muljadi dalam Kepariwisataan dan Perjalanan (2021), dalam upaya mencapai sasaran pembangunan kepariwisataan Indonesia dan berdasarkan Rencana Repelita VII Pariwisata, perlu suatu strategi melalui kebijakan dan langkah- langkah yang harus dilaksanakan secara terus menerus.

Kebijakan ini ditetapkan sebagai suatu pedoman dalam penyelenggaraan kepariwisataan. Kebijakan-kebijakan itu antara lain menjadikan pariwisata sebagai penghasil devisa utama, menjadikan pariwisata nusantara sebagai pendorong pembangunan, meningkatkan ketangguhan kepariwisataan nasional, meningkatkan sumber daya manusia bidang kepariwisataan, meningkatkan kemitraan masyarakat, swasta, dan media massa, serta meningkatkan kerja sama lintas sektoral.

Strategi itu bisa pula direalisasikan di semua tempat wisata di Jawa Tengah, salah satunya Pantai Glagah Wangi Istambul. Pantai ini terletak di Desa Tambak Bulusan, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Di wisata ini terdapat tempat untuk bermain anak-anak dan orang dewasa. Misalnya bermain pelampung, mengendarai mobil ATV, dan sebagainya.

Untuk masuk ke Pantai Glagah Wangi Istambul, pengunjung hanya ditarik biaya sebesar Rp 15.000. Biaya itu sudah termasuk parkir dan perahu.

Selanjutnya pengunjung akan diajak naik perahu untuk sampai di pesisir pantai dengan melihat indahnya hutan mangrove di sepanjang perjalanan. Sepanjang itu, pengunjung akan dikenalkan dengan macam-macam tanaman dan binatang air. Jadi, di sana pengunjung tidak hanya liburan, tetapi juga menambah wawasan tentang ekosistem air.

Perjalanan tidak berhenti sampai situ. Setelah turun dari perahu, pengunjung tak bisa langsung melihat ke arah pantai karena terlebih dulu harus berjalan kaki melewati jembatan yang sudah dirancang di atas rawa-rawa hutan mangrove tersebut. Setidaknya pengunjung harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki kurang lebih 200 meter untuk bisa sampai ke bibir pantai.

Tak perlu khawatir dengan kelengkapan fasilitas yang ada di Pantai Glagah Wangi Istambul. Pasalnya, di sana sudah tersedia lahan parkiran, air bersih, gazebo, perahu, musala, serta tidak ketinggalan spot-spot foto yang memanjakan mata para pengunjung.

Yang tidak kalah menarik, di pantai tersebut hadir maskot bernama Tam-tam si Kepiting dan Bul-bul si Udang yang terlihat menggemaskan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera saja ke Pantai Glagah Wangi Istambul untuk untuk mengisi waktu luang Anda di hari libur bersama orang tersayang.

Khusain Nurrizki, mahasiswa jurusan Pariwisata Universitas Semarang