blank
Sejumlah warga ketika melakukan konsultasi hukum gratis pada anggota Peradi Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Wonosobo menggelar konsultasi gratis kepada masyarakat umum setempat di Paseban Barat Alun-Alun Wonosobo.

Konsultasi hukum gratis tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Peradi ke-18 tahun 2022 ini. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan hiburan musik akuistik.

Ketua DPC Peradi Wonosobo Fuad Hasyim mengatakan advokat salah satunya punya tugas memberi layanan hukum gratis ke masyarakat. Peradi juga ingin lebih dikenal luas di ranah publik.

“Alhamdulillah banyak masyarakat yang datang. Mereka rata-rata melakukan konsultasi terkait masalah hukum keluarga dan pertanahan. Melalui kegiatan ini kami ingin mendekatkan profesi advokat pada masyarakat,” ujarnya.

Pemahaman Hukum

blank
Anggota DPC Peradi Wonosobo foto bersama sebelum melakukan konsultasi hukum gratis. Foto : SB/Muharno Zarka

Fuad Hasyim yang juga dosen di Fakultas Syariah dan Hukum Unsiq Jateng di Wonosobo itu menyebut, warga yang datang melakukan konsultasi hukum dilayani oleh sekitar 10 advokat yang tergabung dalam organisasi Peradi. Ke depan kegiatan serupa akan terus dilakukan.

Dikatakan, berdasarkan UU No 18 tahun 2003 tentang Advokat, organisasi advokat merupakan organ negara yang melakukan proses pendidikan, pengangkatan dan registrasi dan pengawasan terhadap profesi advokat.

“Jadi siapapun yang akan menggeluti profesi advokat, ada pola rekrutmen, pendidikan, syarat-syarat adminjstrasi dan pengawasan secara khusus. Ada komisi pengawas dan dewan kehormatan profesi advokat. Mereka harus benar-benar kompeten dan punya integritas moral,” tegasnya.

Ke depan pihaknya berharap ada kolaborasi antara DPC Peradi dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum (APH) lain agar tumbuh kesadaran hukum di masyarakat. Sehingga mereka akan lebih tahu hak dan kewajiban hukum yang ada.

Muharno Zarka