blank
Shin Tae-yon (kedua dari kanan), berfoto bersama pelatih Brunei Darussalam, Mario Rivera (kedua dari kiri), usai jumpa pers. Foto: pssi

KUALA LUMPUR (SUARABARU.ID)– Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berencana melakukan rotasi oemain, saat melakoni pertandinga kedua Grup A Piala AFF 2022, melawan Brunei Darussalam, di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022), pukul 21.30 WIB.

Langkah ini diambil, karena padatnya jadwal pertandingan yang dilakoni peserta Piala AFF 2022, termasuk Timnas Indonesia. Tim asuhannya ini, bertanding setiap tiga hari sekali. Sebelumnya, Garuda menghadapi Kamboja, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022) lalu.

Selain itu, Piala AFF 2022 dikembalikan ke format pertandingan kandang-tandang. Saat Piala AFF 2020 (yang berlangsung pada akhir 2021), turnamen antarnegara Asia Tenggara itu digelar terpusat di Singapura, akibat pandemi covid-19.

BACA JUGA: Peradi Wonosobo Gelar Konsultasi Hukum Gratis

”Seperti apa yang kita ketahui, Piala AFF tahun ini tidak difokuskan di satu tempat. Jadi kami harus pindah dari negara satu ke negara lainnya. Itupun tiga hari sekali, kami harus bertanding. Jadi sangat padat jadwalnya,” kata Shin Tae-yong, saat jumpa wartawan di Stadion KLFA, Minggu (25/12/2022).

Menurut dia, untuk itu pihaknya harus mempersiapkan fisik dan kondisi pemain sebaik mungkin. Dia juga berencana akan melakukan rotasi pemain. Pelatih asal Korsel itu juga meminta pemain jangan jumawa. Dia berharap para pemainnya mewaspadai Brunei, yang bisa saja memberikan kejutan.

”Untuk Brunei, tentunya mereka tidak bisa dianggap lemah. Walau mereka bisa masuk Piala AFF 2022 juga melalui babak playoff. Dari kita juga pasti akan memberikan yang terbaik, saat menghadapi mereka,” ungkapnya.

Riyan