blank
Mobil Keluarga Hyundai Stargezer

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Saya sering mendengar cerita kalau nyetir mobil matic itu enak dan tidak capek, sepintas membayangkan memang benar juga ketika berkesempatan numpang di mobil matic milik kawan.  Sayangnya selalu tidak  berminat  kenal apalagi jabat tangan dengan handle kopling matic.

Maka ketika kawanku Agus Toto menawari masuk grub wa test driver Hyundai Stargazer, sempat menolak karena pakai handle kopling matic, malah balik kutawarkan nama nama kawan  wartawan yang familier dengan matic.

Tetapi, dialog intrakomunikasi  ku berkecamuk “ weh ini kesempatan langka, mumpung gratis dipinjami mobil all new Hyundai Stargazer, mau kapan lagi bisa pegang kemudi mobil matic ”. Maka kuputuskan ikut gabung dan pilih jatah giliran terakhir tanggal 30 November sd 1 Desember 2022 atau satu bulan dari  start pertama test driver, ya saking takutnya membayangkan handle kopling matic.

Dua pekan waktu berjalan sambil memonitor obrolan wa grub SMG_STARGAZER  yang penuh cerita indah, nyaman, modern, dan kaget atas ulah beragam fitur mobil keluarga Hyundai Stargezer yang serba canggih, aman, mempesona dan penuh gaya. Aneh kepercayaan diri tak tumbuh dan masih saja terpengaruh oleh kegamangan soal handle kopling matic.

Untungnya  orientasi pikiran  segera terjeda oleh tugas organisasi gabung tim bulutangkis Porwanas di Malang Jawa Timur pada 20-28 Nopember 2022, sehingga halusinasi handle matic pun  hilang dari bayangan. Tanpa berlama-lama menunggu waktu jatah giliranpun tiba,  persis Selasa sore 29 November 2022 kawan Rifal Almanaf menghampiri di Kantor PWI Jateng  untuk bersama sama menuju dealer Hyundai di kawasan Marina Semarang. Proses serah terimapun dilakukan, kontak mobil kupegang dan masuk kabin Hyundai Stargazer yang masih terasa segan dan terus kepanasan karena kelamaan belajar memahami starter.

Mesin mobil mulai hidup halus nyaris tak terdengar suaranya, sementara saya masih bersitegang di duduk kemudi,  mencoba membenahi tugas kedua kaki dan kedua tangan yang biasanya saling support. Proses belajar otodidak terus berjalan untuk memahami teknologi modern si mobil genius Hyundai Stargazer.

Masih di halaman dealer, pertama memastikan hanya satu kaki kanan yang harus bertugas injak pedal rem dan pedal gas, kedua di papan hendle copling ada huruf P, R, N, dan D, 2 s 1 l. Fokus pada huruf P, R, N, dan D satu persatu kucuba ketemulah R merupakan gerak mundur mobil dan D gerak ke depan, maka  dengan mengucap bismillah kuberanikan keluar di jalan raya.

Sepuluh meter, duapuluh meter dan lima puluh meter terus melaju,  masuk jalur utama lalulintas  ke dan dari  bandara Ahmad Yani Semarang yang padat kendaraan. Harus ekstra hati hati dan tetap menjaga ketenangan diri karena sesaat lagi harus berhenti di traffic light , lampu sain kiri kunyalakan  dan tiba tiba ada suara alarm ternyata suara warning  mobil akan belok kanan atau kiri. Dalam tempo yang sama tiba tiba mataku melihat  indakator warna merah di kaca spion kanan dan kiri , ternyata teknoliogi ini mengingatkan pengemudi bahwa hati hati ada kendaraan disamping belakang mobil anda.

Inilah satu persatu sosok mobil Hyundai Stargazer memperkenalkan dirinya kepada sang pengemudi, segala atribut dan fasilitas ditampilkan makin jelas fungsi dan kinerjanya. Antara mobil dan pengemudi makin menyatu, dekat dan familier dengan teknologi canggihnya, sehingga arena lajupun tambah berani. Meluncur  dijalan yang banyak jebakan lubang, tergenang, atau tersumbat padat merayap, sampai jalur tol yang wajib melaju kencang

Beragam fitur Hyundai Stargazer mulai dioperasikan, laju mobilpun makin nyaman, percaya diripun  makin tumbuh, kemampuan kendali mulai utuh sehingga perjalanan terasa aman dan merasakan kenikmatan. Inilah proses perkenalan yang membuahkan kepercayaan atas support fasilitas mobil masa depan.

blank
Interior Hyundai Stargezer dengan Beragm Fitur Hebat

Hebatnya Beragam Fitur

Fasilitas meja dengan satu hole yang bisa dijadikan tempat gelas di hadapan kursi baris tengah menjadi salah satu hal kecil yang juga mampu membuat penumpangnya semakin betah tinggal di dalam mobil Stargazer. Fitur lain yang juga menambah kenyamanan di Hyundai Stargazer untuk perjalanan jauh, ialah konfigurasi captain seat di jok baris kedua.

Penampilan  dashboardnya terlihat semakin menambah kesan mewah Hyundai Stargazer ini. Ada satu kompartemen Stargazer yang cukup menarik yang tidak dijumpai di mobil lain, yakni kompartemen rahasia alias hidden tray yang ada di dashboard, persis di depan kursi penumpang bagian depan.

Hyundai Stargezer juga dilengkapin dengan fitur Hyundai SmartSense dan Bluelink. Dengan Hyundai SmartSense mencegah resiko kecelakaan saat mengendari mobil ini.

Sedangkan Hyundai Bluelink ini berfungsi memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai kendaraan, seperti lokasi, mengunci dan menyalakan dari smartphone.

Fitur Blind-Spot Collision Warning (BCW), sehingga bisa mendeteksi dan memantau kendaraan yang mendekat di area blind spot pengemudi. Bermanfaat banget di jalanan padat merambat.

Fitur ini memperingatkan pengemudi tentang kemungkinan terjadi benturan dengan menampilkan pesan peringatan. Dia juga mengeluarkan bunyi peringatan.

Hyundai Stargazer menggunakan mesin 1.497 cc MPI 16-Valve dengan konfigurasi 4-silinder dan mempunyai torsi puncak 144 Nm pada 4.500 rpm serta tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm memiliki dua pilihan transmisi, yakni transimisi otomatis IVT dan juga manual 6 percepatan.

Dengan statistik ini, Hyundai Stargazer memang terasa bertenaga ketika melesat di jalan tol. Jangan lupa ada berbagai pilihan drive mode, bisa berkendara secara Eco maupun Sport, atau mode Smart yang memberikan kemudahan mengemudi.

Hyundai Stargazer memiliki jenis mode Eco yang memungkinkan konsumsi BBM menjadi hemat. Dengan ulasan diatas Hyundai Stargazer menjadi penantang terbaru di kelas mobil LMPV dan menjadi pilihan bagi keluarga.

Inilah Kehebatan Hyundai Stargazer, tidak hanya desain yang mewah tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang menunjang kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan. (Solikun)