blank
Jajaran Polsek Pracimantoro Polres Wonogiri, tampil memipin kerja bakti menyingkirkan pohon sebesar tubuh kerbau yang tumbang melintang jalan. Agar hubungan darat Pracimantoro, Wonogiri (Jateng)-Wonosari, Gunungkidul (DI Yogyakarta) yang macet segera dapat dipulihkan.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana hujan angin, Jumat (23/12), melanda dua wilayah Kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Yakni di Kecamatan Pracimantoro dan Kecamatan Puhpelem.

Warga Kecamatan Pracimantoro dan Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, awalnya turun hujan deras, kemudian datang angin kencang yang membuat panik masyarakat. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam bencana tersebut.

Di Kecamatan Pracimantoro, bencana hujan angin menumbangkan pepohonan. Salah satu pohon yang tumbang, melintang jalan dan membuat akses hubungan darat di ruas jalan tembus antarprovinsi macet untuk sementara waktu.

Pohon tumbang itu melintang di ruas Jalan Raya Taruna Anton Suiharto, di Kilometer 1 Pracimantoro, Wonogiri (Jateng)-Wonosari, Gunungkidul (DI Yogyakarta). Tepatnya di Dusun Godang RT 5/RW 2 Desa dan Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Kerja Bakti

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kapolsek Pracimantoro AKP Ujang Joko Widiyanto melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, untuk membuka kembali akses hubungan darat yang macet, segera dilakukan penanganan di lokasi.

blank
Personel Polsek dan Anggota Koramil Puhpelem, Wonogiri, bersama pamong desa dan masyarakat, gotong royong kerja bakti membantu penanganan rumah Kardi yang rusak tertimpa pohon Cengkih yang roboh.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

Penanganan dilakukan oleh Ka SPKT Aipda Sumadi, Kanit Reskrim Bripka Andi Sulistiawan dan Bripda Gita Candra. Bersama aparat Kecamatan, Pamong Desa, Relawan serta warga masyarakat setempat, dilakukan kerja bakti pemotongan pohon tumbang. Untuk kemudian disingkirkan dan dibersihkan dari badan jalan. Tujuannya, agar arus lalu lintas kembali normal lancar.

Sementara itu, di Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, bencana hujan angin telah menumbangkan pohon dan menimpa rumah Kardi (55) di Dusun Gobeh Pule RT 5/RW 2, Desa Tengger.

Bhabinkamtibmas Brigadir Joko Setyawan dan Bhabinsa Sertu Mulyono, memimpin langkah darurat kerja bakti bersama pamong desa dan warga masyarakat. Yakni menyingkirkan pohon Cengkih yang tumbang dan menimpa rumah Kardi.

Bambang Pur