blank
Norina Fabrillia Rosa bersama kedua oerang tua dan adik-adiknya

JEPARA (SUARABARU.ID)  –  Setelah   berhasil menyabet juara 1 Lomba Menyanyi Lagu Religi Tingkat Nasional 2021, Norina Fabrillia Rosa yang kini duduk di bangku kelas XII SMAN 1 Kudus,  berhasil meraih Gold Medal  Singing  International English Festival tahun  2022 yang selenggarakan  oleh Djarum Foundation.

blank
Norina Fabrillia Rosa

Gadis berusia 18 tahun yang akrab disapa Orin ini juga pernah menjadi finalis Menyanyi Solo Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia Tingkat Nasional 2021 dan juara I  Lomba Menyanyi Tunggal tingkat Mahasiswa-Umum Polres Jepara 2020. Juga juara I Lomba Menyanyi Lagu Perjuangan SMP tingkat Kabupaten 2019 dan juara I Lomba Menyanyi Lagu Dangdut Kabupaten Jepara 2019

blank
Orin yang tampil dalam sebuah acara bersama ayahnya, dr  Aton Brilianto, MM

Anak pertama pasangan dr. Aton Brillianto, M.M. dan  dr. Zuni Ulfah yang tinggal di Desa Menganti Rt. 7/ Rw. 2, Kedung, Jepara ini memang salah satu talen penyanyi muda berbakat yang dimiliki Jepara.

Ia suka bernyanyi sejak dari kecil. Ketika berumur 5 tahun orang tuanya  mengetahui jika putri pertamanya  punya bakat menyanyi. Karena itu sejak sekolah  TK Rosellana, ayahnya sering  mengajaknya  mengikuti pentas. Walaupun seorang dokter, Aton Brillianto yang kini menjabat sebagai Kepala Puskesmas Mlonggo juga menyukai dunia musik, dan juga   menyanyi.

Sering melihat ayahnya menyanyi, membuat Orin termotivasi untuk mengembangkan hobinya yaitu menyanyi. Apalagi kemudian  ia sering diajak pentas oleh Ayahnya bersama grup band The HusBand yang merupakan Band dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara yang sekarang menjadi Band Korpri.

blank
Norina Fabrillia Rosa saat tampil di acara sekolahnya, SMAN 1 Kudus

Bakat Orin semakin berkembang saat sekolah di SDN 1 Pecangaan dan SMPN 1 Pecangaan. Juga saat berada di SMAN 1 Kudus. Ia sering kali mengikuti kompetisi mewakili sekolah dan mempersembahkan prestasi terbaiknya.

Meski Orin tidak mengikuti les harian vokal, namun ketika ada lomba ia mempunyai guru  pelatih khusus lomba yaitu  Ibu Danielisa Puji Astuti, Bapak Mahendra, dan Ibu Candra TNI AD.

Ketika Orin menduduki bangku SMPN 1 Pecangaan, ia mulai aktif mengikuti lomba kabupaten yang diampu oleh Bapak Irnanta. Juga sering mengisi event yang diadakan oleh sekolah mulai dari menyanyi solo hingga band. Orin mulai mengikuti beberapa lomba tingkat nasional saat sekolah di  SMAN 1 Kudus. Salah satunya yaitu Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia tahun 2021 dan kemudian Singing  International English Festival tahun 2022 yang mengantarkannya meraih gold medal.

blank
Norina Fabrillia Rosa saat tampil di acara Fashion Show Kado untuk Ibunda di Tengah Pandemi tahun 2021

Disamping menyanyi, Orin juga  pintar  memainkan alat musik tradisional berupa Bonang sehingga pernah mendapat penghargaan sebagai juara II FLS2N SMP tingkat kabupaten tahun 2019 bersama grup musik tradisionalnya dari SMPN 1 Pecangaan. Ia juga terampil memainkan alat musik organ dan bahkan pernah beberapa kali tampil dim pendopo kabupaten

Kepada SUARABARU.ID Norina  mengaku memiliki banyak penyanyi dan grup band idola mulai Celine Dion, Mariah Carey, Rossa, Dato’ Sri Siti Nurhaliza, Queen, Krisdayanti, Sundari Sukoco, Dewa 19, Melly Goeslaw dan  beberapa artis nasional. Namun demikian ia tidak ingin menjadi penyanyi dan hanya menekuninya sebagai hoby. Sebab Norina Fabrillia Rosa bercita-cita menjadi seorang dokter,  seperti kedua orang tuanya.

Hadepe