blank
PENALTI - Lionel Messi mencetak gol pertama Argentina melalui tendangan penalti. (foto: espn.com)

(SUARABARU.ID) – Melalui pertarungan yang dramatis, Argentina akhirnya berhasil merebut gelar juara dunia setelah di babak final menundukkan Prancis dengan skor 7-5 melalui adu tendangan penalti, setelah sampai babak tambahan waktu berakhir skor imbang 3-3. Gelar ini seakan menjadi capaian yang manis bagi sang kapten Lionel Messi di masa senja karirnya, dan kemungkinan tidak akan tampil lagi di Piala Dunia mengingat saat ini sudah berusia 35 tahun.

Dalam pertandingan yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12) malam hingga Senin (19/12) dinihari WIB, Argentina tampil impresif dengan menekan sejak awal. Gol pertama Tim Tango terjadi pada menit ke-21. Berawal dari serangan yang dibangun Angel di Maria di sektor kanan pertahanan Prancis, dia kemudian melakukan solorun di kotak penalti.

Namun Di Maria dijatuhkan Ousmane Dembele di kotak terlarang, membuat wasit menunjuk titik putih. Messi sebagai algojo sukses menunaikan tugasnya dengan baik dengan mengarahkan bola ke sisi kiri gawang, sementara sang kiper Hugo Lloris bergerak ke kanan. Skor 1-0 untuk Argentina.

Meski sudah memimpin, Argentina tidak mengurangi serangan. Menit ke-36 mereka menambah keunggulan menjadi 2-0. Gol ini diawali oleh serangan balik, Julian Alvarez mengirim umpan kepada Mac Allister yang bebas di depan. Gelandang Brighton itu mengirim bola kepada Di Maria yang berada di kotak penalti. Tinggal berhadapan dengan Lloris, Di Maria tembakan ke sudut kanan gawang Prancis, mengubah skor menjadi 2-0.

Menit ke-79 giliran Prancis mendapat tendangan penalti. Kylian Mbappe sebagai eksekutor sukses mempedaya kiper Emiliano Martinez. Hanya berselang satu menit, Mbappe kembali mencetak gol untuk membuat kedudukan imbang 2-2, melalui tembakan voli yang sangat keras dari dalam kotak penalti.

Skor 2-2 bertahan sampai dengan waktu normal berakhir, sehingga harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Pada babak tambahan waktu ini Argentina sempat mencetak gol lebih dulu dan memimpin 3-2 melalui Messi pada menit ke-108. Namun Mbappe memaksa kedudukan menjadi imbang lagi 3-3, lewat tendangan penalti pada menit ke-116. Skor 3-3 bertahan hingga usai, sehingga dilanjutkan dengan adu penalti.

Pada adu penalti ini empat algojo Argentina melaksanakan tugasnya dengan baik, sementara Prancis hanya dua dari empat eksekutornya yang berhasil. Skor akhir menjadi 7-5.

Prancis hanya  mendapat hadiah hiburan lewat Mbappe yang menjadi top skorer dengan 8 gol, mengungguli Messi yang mengemas 7 gol.

Susunan pemain:
Argentina: Emiliano Martinez, Nahuel Molina, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nicolas Tagliafico, Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister, Angel Di Maria, Julian Alvarez, Lionel Messi

Prancis: Hugo Lloris, Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez, Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Kylian Mbappe, Olivier Giroud.

Nur Muktiadi