blank
ilustrasi tupai tanah. Foto: Pexels

Kemudian mereka sesekali bangun untuk memakan sepotong roti dan tidur kembali setelah selesai makan. Praktik hibernasi ini mereka lakukan hingga musim dingin berakhir.

Namun, seorang ahli hibernasi dan profesor di University of Colorado yang bernama Sandy Martin mengatakan belum melihat bukti yang meyakinkan tentang kisah hibernasi pada manusia atau tidur musim dingin Pskov.

3. Mengapa manusia tidak hibernasi?

Sebenarnya beberapa kalangan mempercayai bahwa nenek moyang prasejarah kita dahulu, yaitu pendahulu dari semua mamalia termasuk manusia melakukan hibernasi. Sebuah penelitian dari tahun 2020 menunjukkan bahwa manusia purba diperkirakan dapat berhibernasi.

Meskipun hasil penelitian tersebut kurang meyakinkan, para peneliti mempunyai gagasan bahwa nenek moyang ini dari setengah juta tahun yang lalu mungkin telah berhibernasi untuk bertahan hidup dalam kondisi yang sangat dingin.

Baca Juga: Tiga Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Mengatasi Belek Mata Pada Anak Kucing

Atas dasar hasil penelitian tersebut, Martin, seorang peneliti berpendapat bahwa kita sebagai manusia memiliki gen yang memungkinkan untuk melakukan hibernasi. Lalu, muncul pertanyaan mengapa manusia saat ini tidak berhibernasi? Menurut Martin, manusia mungkin tidak berhibernasi karena hal itu tidak menguntungkan evolusioner manusia. Berikut beberapa alasannya:

– Berada dalam keadaan mati suri (mematikan metabolisme Anda) atau hibernasi (tidur berkepanjangan) berarti Anda tidak dapat bereproduksi.
– Jika Anda tidak bereproduksi, itu berarti spesies pesaing lain bereproduksi lebih banyak dari Anda dan mungkin menggantikan Anda.
– Saat Anda dalam keadaan mati suri, Anda tidak dapat mempertahankan diri dari pemangsa.

4. Bagaimana cara manusia berhibernasi?

Jika manusia benar-benar melakukan hibernasi, bagaimana cara kerja manusia melakukan hibernasi? Para peneliti saat ini sedang mencari tau bagaimana cara agar bisa mengantarkan manusia pada kondisi hibernasi. Beberapa cara yang mungkin dilakukan adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Tujuh Tips Membuat Anak Kucing Tidur di Malam Hari

– Hipotermia terkontrol

Dalam dunia medis dikenal dengan istilah hipotermia tarapeutik, yaitu suatu cara menurunkan suhu tubuh Anda. Ini memperlambat proses metabolisme Anda seperti sirkulasi darah dan pernapasan. Hal ini dilakukan dengan alasan medis untuk kepentingan perawatan dan terapi pada pasien.

Meskipun Martin berpendapat bahwa hipotermia terkontol / hipotermia tarapeutik tidak sama dengan hibernasi, namun beberapa peneliti yakin suatu hari nanti manusia bisa hibernasi dengan metode hipotermia terkontrol.

– Torpor

Torpor adalah kemampuan beberapa hewan untuk menurunkan suhu tubuh, menurunkan metabolisme, dan menurunkan detak jantung. Para peneliti saat ini sedang berusaha untuk mengidentifikasi dan memahami mekanisme kompleks pada hewan saat berhibernasi.

Baca Juga: Tujuh Tips Membuat Anak Kucing Tidur di Malam Hari