blank
Pembekalan peserta oleh penitia sebelum melaksanakan hunting (Foto : Sri Julfiyanik)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Setelah mendapatkan materi pembekalan penulisan berita dan feature,  pengenalan jurnalistik dan wawancara, presenter dan keredaksian,  Sabtu (17/12-2022)  para peserta pelatihan jurnalistik belajar berburu berita dan membuat video presenter  di Pantai Semat, Tahunan Jepara.

Mereka mencoba menulis berita dengan menikmati nasi menir  yang menjadi andalan kuliner daerah tujuan wisata ini, Minggu (18/12-2022) pagi. Tentu dengan menikmati susana dan keindahan pantai Semat yang alami. “Kami menikmati nasi menir dan lontong seharga Rp. 5 ribu,” ujar  Zahri Amin Sabiq, Ketua PMII Rayon Syariah dan Hukum Unisnu Jepara.

blank
Pembekalan pserta oleh panitia (Foto: Sri Julfiyanik)

Hunting berita ini merupakan bagian dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Bursa dan PMII Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara.

Sebelumnya dengan mengambil tempat di  Gedung NU Mantingan mereka telah mendapatkan pelatihan jurnalistik dasar dari Hadi Priyanto, Muhammad Khoirul Anwar , Budi Hutomo, dan  Muhammad David Yusuf.

Menurut Zahri Amin Sabiq, Ketua PMII Rayon Syariah dan Hukum Unisnu Jepara, melalui pelatihan ini para pesera dipersiapkan menjadi pengelola Lembaga  Pers Mahasiswa Bursa. Karena itu peserta adalah mahasiswa semester satu dan tiga. “Harapan kami media yang dikelola oleh LPM Bursa dapat terus meningkat kualitasnya,” ujar Zahri Amin Sabiq.

Sementara penitia pelatihan,  Sri Julfiyanik menjelaskan hunting berita tersebut dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok 1 terdiri  dari Adi, Diva,  Syai’in,  Elma dan Dera. Sedagkan kelompok 2 adalah  Madehin,  Ubaid, David, Silki dan  Devinta. “Mereka hanting berita dan membuat video presenter mulai wawancara hingga editing,” ujarnya.

Hadepe – Amaliyatul HR