blank
Pemain-pemain Kroasia merayakan kemenangan mereka. (foto: 90min.com)

(SUARABARU.ID) – Kroasia merebut tempat ketiga Piala Dunia 2022, setelah dalam laga Sabtu (17/12/2022) malam di Khalifa International Stadium, menundukkan Maroko dengan skor 2-1. Kroasia mengulangi apa yang mereka raih pada 1998.

Gol pertama Kroasia terjadi saat pertandingan baru berlangsung tujuh menit. Mendapat bola di sektor kanan pertahanan Maroko, Ivan Perisic melepaskan bola ke depan gawang. Josko Gvardiol menyambut si kulit bundar dengan tandukan kepala, menaklukkan kiper Yassine Bounou.

Namun hanya berselang dua menit kemudian Singa Atlas berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari tendangan bebas, bola dilepaskan Hakim Ziyech yang dihalau Lovro Majer justru mengarah ke Achraf Dari di depan gawang. Ia bisa menceploskan bola mendahului Dominik Livakovic.

Tempo pertandingan berubah menjadi lebih cepat. Vatreni kembali memimpin saat Mislav Orsic mencetak gol pada menit ke-42. Tanpa kontrol, ia melepas tembakan melengkung dari sisi kiri kotak penalti. Bola sempat menerpa tiang sebelum masuk ke gawang Maroko. Skor 2-1 untuk Kroasia bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua tempo pertandingan berlangsung lebih cepat dan keras. Maroko yang berambisi menyamakan kedudukan tampil dengan permainan terbuka. Sementara Kroasia yang berusaha mempertahankan keunggulan lebih bertahan. Namun hingga pertandingan berakhir skor 2-1 untuk keunggulan Kroasia tidak berubah.

Penentuan juara Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Argentina dengan Prancis akan berlangsung di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Susunan Pemain:
Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Stanisic, Josip Sutalo, Josko Gvardiol, Ivan Perisic; Luka Modric, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric, Lovro Majer, Mislav Orsic; Marko Livaja.

Maroko: Yassine Bounou; Yahia Attiyat Allah, Jawad El Yamiq, Achraf Dari, Achraf Hakimi; Bilal El Khannouss, Sofyan Amrabat, Abdelhamid Sabiri Sofiane Boufal, Youssef En-Nesyri, Hakim Ziyech.

Nur Muktiadi