blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – SD Negeri 2 Kunir, Kecamatan Keling melakukan gelar karya siswa dan pameran bertema “Melatih Siswa Berwira Usaha untuk Mewujudkan Projek penguatan profil pelajar Pancasila”. Acara yang berlangsung pada Kamis (15/11/2022) di halaman sekolah, dibuka oleh perwakilan dari Satkordik Kecamatan Keling, Sutikno, S.Pd., M.H. Acara tersebut dihadiri pula oleh pengawas SD Kecamatan Keling, Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD Dabin 2 Keling, dan wali murid.

Kepala SDN 2 Kunir Sarwijiyanti, M.Pd menjelaskan bahwa, gelar karya dan pameran ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada semester pertama tahun pelajaran 2022-2023. Kegiatan ini merupakan implementasi atas ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh guru dan peserta didik sesuai dengan kelompoknya Masing-masing. Selain hasil karya siswa, olahan makanan, dan minuman, juga digelar penampilan pentas seni.

blank

Gelar karya kewirausahaan selama satu hari ini melibatkan semua peserta didik kelas I sampai kelas VI. Menurut Sarwijiyanti, mereka belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkungan kecil, mengasah jiwa wirausaha sejak dini, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerja sama dan tanggungjawa, serta semangat pantang menyerah dalam berwirausaha.

“Alhamdulillah, antusiasme semua warga sekolah dan tamu undangan sangat tinggi. Terbukti sebelum acara selesai semua barang yang dipasarkan telah habis terjual. Pada bulan Mei yang akan datang nanti akan kami adakan gelar karya yang ke dua,” ucapnya.

Dia berharap dengan kegiatan P5 ini, peserta didik bisa lebih senang karena Kurikulum Merdeka bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan di samping akademisnya. Mereka diharapkan mampu mengelola kewirausahaannya ke depan.

Dalam kegiatan P5 ini juga diambil penilaian dalam bentuk rapor setahun sekali. Yang dinilai bukan hasil akhirnya tetapi proses pemahaman mereka selama ini. Kemandirian dan kreativitas juga dinilai di dalamnya.

blank

Pada kesempatan itu, Satkordik Keling yang diwakili Rofik Mubarrok, M.Pd. memberikan apresiasi kepada SD Negeri 2 Kunir yang telah menjadi percontohan bagi sekolah lain yang ada di kecamatan Keling. Dia mengaku terharu, karena walaupun terletak di daerah yang cukup terpencil dan jauh dari perkotaan, namun SD Negeri 2 Kunir bisa melaksanakan kegiatan yang luar biasa.

Sejak diluncurkanya kurikulum merdeka, di wilayah itu baru SD Negeri 2 Kunir yang bisa menyelenggarakan kegiatan gelar karya dan pameran seperti ini. Dia berharap acara ini mampu menjadi motivasi bagi sekolah lain dalam mengimplementasi pembelajaran kurikulum merdeka seperti yang diharapkan pemerintah.

“Kami berharap hebaskan mereka untuk mengeksplorasi kreativitas mereka, sebelumnya kami sudah mengundang entrepreneur untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada anak-anak tentang kewirausahaan, kemudian mereka membuat business plan, kami fasilitasi dan dipaparkan didepan narasumber,” pungkasnya.

Akl – Muhlisin, S.Pd.I