Dua pebulutangkis usia dini mengikuti Turnamen Bupati Kebumen Cup ke 4 di GOR KHM Sokka Pejagoan, Sabtu 17/12.(Foto:SB/Humas PBSI Kebumen

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 405 Atlet dari usia dini hingga veteran mengikuti turnamen Bulutangkis Bupati Cup 4 Tahun 2022.

Kejuaraan ini untuk memupuk mental juara bagi para atlet di Kebumen. Pertandingan digelar di GOR KHM Sokka Kebumen mulai Sabtu, 17 Desember 2022, dibuka oleh Ketua KONI Kebumen Sriyanto. Hadir dalam kesempatan tersebut Dinas Dikpora Kabupaten Kebumen, Pengkab PBSI Kebumen, dan Forkopimcan Kecamatan Pejagoan.

Pertandingan akan digelar selama 4 hari, mulai 17-20 Desember 2022. Para pebulutangkis itu memperebutkan gelar juara trofi Piala Bupati Cup 4 tahun 2022 dan uang pembinaan total sebesar Rp 40 juta.

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto yang diwakili Kabid Pemuda Olahraga Disdikpora Kebumen Rumadi menyampaikan selamat bertanding kepada seluruh atlet, dan meminta para atlet terus menjaga sportivitas. Melalui kegiatan ini bisa untuk menanamkan mental juara pada seluruh atlet bulutangkis Kebumen.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada panitia yang menggelar turnamen bulutangkis untuk pengembangan olah raga tersebut. Pihaknya optimistis, adanya pertandingan ini akan mencetak atlet muda berbakat yang akan mengharumkan nama Kabupaten Kebumen.

“Turnamen seperti ini bisa membawa kejayaan bulutangkis Tanah Air dengan memupuk mental juara. Terima kasih kepada kanitia yang mengadakan even seperti ini, untuk pengembangan olah raga bulutangkis, tetap semangat dan terus berlatih untuk masa depan,”ungkapnya.

Lolos Praporprov

Sementara itu Ketua KONI Kebumen Sriyanto menyampaikan kebanggaan terhadap para atlet dan perkembangan olah raga bulutangkis di Kebumen. Banyak dari kalangan muda atau anak anak di Kebumen ingin menjadi atlet di Kabupaten Kebumen.

Terlebih, atlet Bulutangkis Kebumen berhasil lolos di Praporprov, dan akan kembali bertanding di Pati dalam waktu dekat. Ini adalah kerja keras bersama dari Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kebumen, yang intens menyelengarakan pertandingan.

“Sudah terbukti dari Praporprov di Magelang yang lolos mewakili Kebumen di Pati Raya besok. Para atlet bulutangkis yang terpilih Alhamdulillah cukup membanggakan,”ucap Sriyanto.

Ketua Panitia Bulutangkis Bupati Cup 4 Tahun 2022 Juniadi Prasetyo mengatakan, pada turnamen ini mempertandingkan usia dini, remaja, dewasa, Allstar hingga veteran. Terdiri dari 22 kategori kelompok umur.

Menurut Juni, dalam pertandingan kali ini ada peningkatan dari tahun tahun sebelumnya. Hal itu membuktikan olah raga bulutangkis semakin digemari masyarakat Kebumen.

Juni menjelaskan, sistem pertandingan menggunakan rally point. Dia berharap, para atlet menjadi lebih semangat bertanding. Dukungan orang tua untuk mengikuti kejuaraan bulutangkis menjadi penting dalam mencetak atlet bulutangkis di Kebumen.

Komper Wardopo