blank
Ridho Syuhada Putra (biru), melompat menghindari sergapan penjaga gawang PSS, M Ridwan, saat berupaya menceploskan bola ke gawang. Foto: mopsis

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gol tunggal gelandang serang tim PSIS (Semarang), Jonatan Cantillana di menit 20 ke gawang PSS (Sleman), membawa tim berjuluk Mahesa Jenar ini, merangkak naik di posisi sembilan klasemen sementara BRI Liga 1 musim 2022-2023.

Proses terjadinya gol yang tersaji di laga pekan 15 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (16/12/2022) itu, begitu cantik. Diawali umpan pendek cepat merapat dari lini tengah, Wawan Febrianto yang ada di luar kota penalti, secara cerdik mampu melepaskan umpan terobosan ke dalam kotak penalti lawan.

Jonatan yang berlari menyongsong bola, tanpa ampun melepaskan sepakan yang tak mampu dihadang penjaga gawang PSS. Gol ini juga menjadi pemompa semangat anak-anak asuhan Ian Andrew Gillan, untuk terus menekan gawang Sleman.

BACA JUGA: Benzema Kembali Berlatih Jelang Final Piala Dunia

Namun hingga 90 menit laga berjalan, tak ada tambahan gol lagi. Dengan hasil ini, dari 14 laga yang telah dimainkan, PSIS ada di posisi sembilan, dengan perolehan poin 20. Sedangkan PSS di urutan 16 dengan 13 poin, dengan jumlah yang laga 15 kali main.

Usai laga, Ian Andrew Gillan menyampaikan, kemenangan ini menjadi sangat penting, mengingat banyaknya pemain yang mengalami cedera, dan proses recovery yang belum selesai. Dia juga menyayangkan, salah satu pemainnya, Oktafianus, mendapatkan kartu merah, jelang laga berakhir.

”Padatnya jadwal pertandingan membuat seluruh tim bekerja lebih keras lagi. Kami terpaksa melakukan rotasi, untuk menyimpan energi di pertandingan berikutnya,” kata Ian, dalam sesi jumpa pers usai pertandingan, didampingi Andreas Ado.

BACA JUGA: Kawanan Monyet Liar Resahkan Warga Pagerbarang Tegal

Ditambahkan dia, di awal musim timnya memang sedang dalam tren yang buruk, hingga terperosok ke papan tengah. Tetapi di empat laga terakhir, Ian terus berusaha menjaga ritme permainan, agar mampu mempertahankan the winning team.

”Semua pemain mampu tampil all out, mengingat jadwal pertandingan yang sangat padat. Saya juga beri apresiasi pada Delfin Rumbino, yang mampu tampil spartan menjaga wilayahhnya. Setelah ini, kita akan evaluasi pemain yang cedera dan yang terkena kartu merah,” tandas Ian.

Riyan