blank
Sejumlah UMKM Jawa Tengah yang menghadiri Gathering UMKM Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah di Grand Inna Malioboro Hotel Yogyakarta, Kamis (15/12/2022). Foto : Dok Absa

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID) Sejumlah Pengusaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah(UMKM) dari Jawa Tengah, hadir pada gathering yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, Kamis (15/12/22)

Gathering yang dibuka Analis Senior Kantor Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Maya Indriatika itu, dilaksanakan selama 2  hari, di Grand Inna Malioboro Hotel Yogyakarta, 14 -16 December 2022.

Dengan menghadirkan pembicara dari Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia serta menghadirkan juga dari Motivator Jamil Azzaini (Kubik Leadership).

Maya Indriatika dalam sambutan mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk evaluasi merajut kebersamaan, kekompakan dan mempererat silaturahmi di kalangan pegiat UMKM Propinsi Jawa Tengah. Karena apabila usaha tidak mengutamakan jejaring akan sangat terbatas dari segi pemasarannya. Maya menekankan UMKM, untuk mengikuti pameran maupun expo di tingkat lokal maupun di luar Jawa Tengah.

“Tujuannya selain untuk memperkenalkan produk, kita juga mencari pangsa pasar untuk menampung hasil-hasil UMKM ini,” ujar Maya dalam sambutannya.

Karena di era kemajuan teknologi dan dunia informasi digital saat ini, lanjut Maya, pihaknya turut meminta para pelaku UMKM bisa memanfaatkan momentum kemajuan ini. Tujuannya untuk mempermudah proses pemasarannya.

“Pemasaran di era digitalisasi ini adalah upaya dan solusi yang tepat. Kalau sudah begini, tentu akan menciptakan daya saing yang baik dan mampu memacu pelaku UMKM untuk terus berkreasi serta berinovasi memasarkan hasil olahannya,” tegasnya.

Absa