blank
GOL PERTAMA - Theo Hernandez mencetak gol pertama Prancis dengan tendangan sambil belompat. (foto: espn.com)

(SUARABARU.ID) – Prancis melaju ke babak final Piala Dunia 2022, menghadapi Argentina. Tiket ke laga pemuncak diraih setelah di semifinal Les Bleus mengubur mimpi Maroko dengan skor 2-0, pada laga yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Prancis berpeluang mempertahankan gelar juara dunianya pada 18 Desember nanti. Sedangkan Maroko yang menelan kekalahan pertamanya di turnamen ini akan memperebutkan peringkat ketiga melawan Kroasia pada Sabtu 17 Desember malam WIB.

Pertemuan Prancis melawan Maroko berlangsung dalam tempo tinggi. Kylian Mbappe dan kawan-kawan langsung tampil menekan sejak awal pertandingan. Namun Maroko memberikan perlawanan sengit. Tim berjuluk Singa Atlas itu melakukan pressing ketat, dan melakukan serangan balik secara cepat.

Laga baru berjalan lima menit, Prancis sudah memimpin lewat gol yang dicetak oleh Theo Hernandez. Berawal dari serangan yang dirancang Antoine Griezmann, bola kemudian dilepaskan ke kotak penalti. Kylian Mbappe yang ada di sana berusaha melepaskan tembakan ke gawang, namun bola mengenai pemain Maroko dan mengarah ke Theo, yang sambil melompat menceploskan bola ke gawang tanpa terjangkau kiper Yassine Bounou.

Maroko memberikan reaksi atas gol tersebut dengan mempercepat tempo permainan. Jual beli serangan pun terjadi. Maroko sempat memperoleh beberapa peluang untuk menyamakan kedudukan, namun sampai waktu jeda skor bertahan 1-0 untuk Prancis.

Memasuki babak kedua tempo permainan tetap tinggi, dengan kedua tim silih berganti melakukan serangan. Namun Prancis lebih fokus pada mengorganisir pertahanan, sementara Maroko lebih gencar menyerang. Maroko benar-benar mengurung Prancis sehingga juara bertahan kesulitan mengembangkan permainan.

Les Bleus sempat kelabakan, sehingga mengganti pemain depan mereka Oliver Giroud dengan Marcus Thuram. Masuknya Thuram membuat Prancis trengginas lagi, karena Mbappe kini di tengah. Serangan Maroko pun berhasil diredam, bahkan skuad Didir Deschamp balik menekan Maroko.

Prancis akhirnya menggandakan keunggulan pada menit ke-79 melalui sontekan Randal Kolo Muani, menyelesaikan kombinasi serangan yang dilakukan Mbappe dan Thuram di sisi kiri. Gol ini membuat mimpi Maroko untuk tampil di final makin jauh.

Skor 2-0 untuk Prancis bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:
Prancis: Hugo Lloris; Jules Kounde, Ibrahima Konate, Raphael Varane, Theo Hernandez; Youssouf Fofana, Aurelien Tchouameni; Ousmane Dembele (Randal Kolo Muani 79′), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Marcus Thuram 65′).

Maroko: Yassine Bounou; Jawad El Yamiq, Achraf Hakimi, Achraf Dari, Romain Saiss (Selim Amallah 21′), Noussair Mazraoui (Yahya Attiyat-Allah 45′); Azz-Eddine Ounahi, Hakim Ziyech, Sofyan Amrabat, Sofiane Boufal (Zakaria Aboukhlal 67′); Youssef En-Nesyri (Abderrazak Hamdallah 45′).

Nur Muktiadi