Dandim 0728 Letkol (Inf) Deny Octavianto (tengah) foto bersama dengan tokoh Pepabri, LVRI dan PPAD. Ini dilakukan bersamaan acara ziarah peringatan Hari Juang TNI-AD di TMP Kusuma Bangsa.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Momentum upacara ziarah peringatan Hari Juang TNI AD Ke-77, hendaknya dapat dijadikan motivasi dan penyemangat bagi prajurit dalam melaksanakan tugas. Yakni untuk melanjutkan perjuangan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Harapan itu disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, Rabu (14/12), saat memimpin langsung ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Mojoroto, Wonoboyo, Wonogiri.

Upacara ziarah ini diikuti para prajurit TNI bersama staf Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Kodim 0728/Wonogiri dan dari Minvetcad IV/34. Juga diikuti oleh anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD), Pepabri, LVRI dan Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang XLIX Kodim Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, ziarah berombongan ini diawali dengan upacara penghormatan, peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di pusara makam para pahlawan.

Acara ini dipimpin langsung Dandim bersama Ketua Persit KCK Cabang XLIX Ny Joy Deny Octavianto. Diikuti oleh segenap rombongan peserta ziarah.

Menurut Dandim, Hari Juang TNI AD merupakan tonggak sejarah bagi TNI. Acara ziarah ini, sebagai wujud penghargaan kita kepada para pahlawan.

Juga untuk menanamkan nilai-nilai kejuangan kepada prajurit, atas apa yang sudah diberikan para pendahulu yang sudah membesarkan TNI AD. Dandim minta, agar momentum ini dapat dijadikan kegiatan yang memiliki nilai dan makna historis yang perlu diteladani.

Hari Juang TNI AD yang diperingati pada setiap Tanggal 15 Desember. Merupakan implementasi penghormatan dan mengenang jasa-jasa para pejuang Tentara Kemanan Rakyat (TKR), yang menjadi cikal bakal TNI dalam berjuang mengusir penjajah.

Bambang Pur