blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Program studi Pariwisata Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) melakukan Sosialisasi Peningkatan Sumber Daya Manusia Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pengelolaan Pantai Indah Kemangi di Kabupaten Kendal pada Jumat (9/12/2022). (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Program studi Pariwisata Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) melakukan Sosialisasi Peningkatan Sumber Daya Manusia Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pengelolaan Pantai Indah Kemangi di Kabupaten Kendal pada Jumat (9/12/2022).

Kegiatan dibiayai Universitas Semarang (USM).

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Muchammad Satrio Wibowo, S.Kel., M.Sc, anggota Herman Novry K. Paninggiran, S.E., M.MPar dan Urania Heptanti, S.St., M.MPar. Tim PkM dibantu dua mahasiswa program studi Pariwisata USM, yakni Cesar Figo dan Marcel Cesario.

blank
Tim PkM USM dan para anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidodadi Jungsemi, Pokdarwis, dan Paguyuban Pantai Indah Kemangi foto bersama seusai mengikuti Sosialisasi Sosialisasi Peningkatan Sumber Daya Manusia Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). (Foto:News Pool USM).

Satrio mengatakan, kegiatan diikuti 15 anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidodadi Jungsemi, Pokdarwis, dan Paguyuban Pantai Indah Kemangi.

“Kami memberikan penyuluhan tentang pentingnya masyarakat dalam pengelolaan destinasi wisata. Masyarakat adalah pelaku penting dalam pengelolaan wisata karena mereka lah yang mengidentifikasi, mengelola, dan memasarkan potensi wisata,” tuturnya.

Pantai Indah Kemangi sejatinya potensial untuk dikembangkan, namun banyak faktor yang membuatnya belum tergarap secara maksimal. Melalui sosialisasi tersebut diharapkan menumbuhkan kesadaran wisata serta meningkatan pemahaman tentang arti, tujuan, dan manfaat dari Pokdarwis untuk pengelolaan pariwisata.

”Semoga dengan memahami tugas Pokdarwis dalam hal pengelolaan, mereka jadi bertambah semangat dalam mengelola dan mengembangkan Pantai Indah Kemangi,” ungkap Satrio.

Ketua BUMDes Sidodadi Jungsemi, Sulton mengatakan, pihaknya mewakili pengelola Pantai Indah Kemangi mengucapkan terima kasih kepada tim PkM USM yang telah memberi sosialisasi.

Menurutnya, materi yang mereka berikan sangat penting karena bisa meningkatkan pemahaman peran kami dalam pengelolaan Pantai Indah Kemangi.

”Kami menjadi semangat lagi untuk membangkitkan wisata di sini,” kata Sulton.

Muhaimin