blank
ABSEN - Bek kiri Argentina, Marcos Acuna telah bekerja keras sepanjang Piala Dunia 2022, bakal absen di semifinal. (foto: 90min.com)

(SUARABARU.ID) – Dari 32 negara yang tampil di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, kini hanya tersisa empat, yang akan berlaga di semifinal. Kroasia, Argentina, dan Prancis masing-masing meraih kemenangan tipis penuh drama melawan Brasil, Belanda, dan Inggris, sementara Maroko menjadi wakil pertama Afrika di empat besar Piala Dunia dengan menyingkirkan Portugal di babak perempat final.

Bagi banyak pemain dari empat tim pemenang itu, pertandingan semifinal Piala Dunia mendatang akan mewakili pertandingan terbesar dalam karir mereka sejauh ini. Namun, bagi beberapa orang, sanksi yang telah didapat mengesampingkan mereka di laga krusial tersebut, seperti dikutip dari 90min.com.

Lantas, siapa saja pemain yang diskors untuk semifinal Piala Dunia?

1. Argentina
Bek kanan Argentina Gonzalo Montiel bahkan belum bermain 90 menit di Piala Dunia 2022, tetapi harus absen dari pertandingan semifinal negaranya melawan Kroasia karena akumulasi kartu kuning. Sebuah kartu kuning yang didapat saat melawan Belanda pada saat injury-time menambah koleksi dari sebelumnya yang diperoleh ketika melawan Meksiko di babak penyisihan grup.

Rekan bek sayap Sevilla dan andalan Argentina di sisi kiri pertahanan Marcos Acuna juga mendapat dua kartu kuning yang fatal di Piala Dunia sejauh ini. Bek kiri telah menjadi starter pada empat laga negaranya di Piala Dunia ini, tetapi akan melewatkan laga semifinal setelah mendapat kartu kuning saat melawan Polandia dan Belanda.

2. Kroasia
Kroasia yang tak terkalahkan dapat memasuki pertandingan semifinal melawan Argentina tanpa mengkhawatirkan skorsing. Zlatko Dalic memiliki skuad lengkap untuk dipilih, dengan tidak ada pemainnya yang menerima dua kartu kuning sepanjang turnamen.

Dan, dengan penghitungan kartu kuning yang dihapuskan pada babak semifinal, Luka Modric, Dejan Lovren, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Bruno Petkovic dan Borna Barisic (semuanya telah mendapat kartu kuning) dapat membela negaranya di babak empat besar.

3. Prancis
Seperti Kroasia, Prancis menuju babak empat besar mereka menghadapi tim kejutan Maroko tanpa adanya skorsing pemain. Kartu kuning Theo Hernandez melawan Inggris terakhir kali mungkin akan membuat dia absen, namun ternyata dia bersama dengan Jules Kounde, Aurelien Tchouameni, Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele hanya dikatakan mendapatkan satu kartu kuning, sehingga bisa tampil.

4. Maroko
Maroko telah menggabungkan kesempurnaan taktis dengan pertempuran yang gagah berani untuk mencapai apa yang belum pernah dicapai oleh negara Afrika mana pun sampai sekarang – tetapi itu tidak datang tanpa pengorbanan. Sementara pemain kunci Sofyan Amrabat dan Romain Saiss, bersama Abdelhamid Sabiri dan Achraf Dari, nyaris menambah kewaspadaan masing-masing di babak-babak terakhir, Walid Cheddira berhasil mencetak gol dalam pembunuhan raksasa Maroko atas Portugal.

Dua kartu kuning pada menit akhir untuk pemain pengganti di perempat final bersejarah itu telah membuatnya absen dari pertemuan semifinal negaranya dengan Prancis.

Nur Muktiadi