Suasana prosesi siraman  Kaesang Pangarep Putra Bungsu Presiden RI Joko Widodo di kediaman Sumbber Surakarta. Foto: Dok/SetPres

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Menjelang hari H pernikahan, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, sejumlah rangkaian prosesi berlangsung dikediaman Jokowi di Sumber Surakarta, Jumat (9/12).

Di antaranya pemasangan bleketepe (anyaman dari daun kelapa/nyiur) dan sungkeman serta siraman calon pengantin pria.

Prosesi yang dilaksanakan di kediaman Presiden Joko Widodo, ungkap Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina, diawali dengan pemasangan bleketepe oleh tuan rumah. Sekitar pukul 08.15 WIB, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman untuk kemudian  Kaesang bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya.

Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu. Acara selanjutnya yakni prosesi siraman calon mempelai pria.

Prosesi siraman diawali penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga. Tujuh sumber mata air yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo.

 

Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan pada prosesi siraman. Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu yaitu Prof. Mahfud Md., Luhut Binsar Pandjaitan, Retno Marsudi, Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

Selepas itu, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya berlanjut memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

Dalam prosesi siraman ini tampak ibunda Kaesang, Iriana menangis haru begitu pula Kaesang Pangarep. Keduanya mengatakan, mereka menangis karena bahagia.

Bagus Adji