blank
Batuud Koramil-23/Karangtengah Kodim 0728 Wonogiri, Peltu Khomaedi (kanan) memberikan pembinaan kepada remaja melalui kegiatan Posyandu.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Setidak-tidaknya, sekarang ada tiga jenis Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). Yakni Posyandu Balita (bayi dan anak sampai lima tahun), Posyandu Lansia (lanjut usia) dan Posyandu Remaja.

Posyandu Balita memberikan pelayanan kesehatan yang terkait dengan tumbuhkembang balita. Kemudian Posyandu Lansia memberikan pelayanan kesehatan kepada orang tua.

Untuk Posyandu Remaja, sebagaimana yang ada di Desa Ngambarsari, Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri, juga memberikan pembinaan kepada kaum remaja.

Materi pembinaan yang diberikan kepada kaum remaja, menyangkut pemahaman upaya menjauhi penyalahgunaan narkoba, sex bebas. Juga penggunaan yang bijak dalam ber-media sosial (Medsos), serta pemberian materi pembinaan perilaku dan norma yang baik.

Batuud Koramil-23/Karangtengah Peltu Khomaedi melalui Pemerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, pembinaan remeja diberikan melalui Posyandu yang megambi tempat di rumah Samino di Dusun Sempu, Desa Ngambarsari. Diikuti oleh 35 kader dan remaja dari dua dusun, yakni Dusun Sempu dan Dusun Pojok.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Babinsa Sertu Heri Kurniawan untuk melakukan tugas pendampingan Tim Medis dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Karangtengah.

Dalam kesempatan tersebut, para kader Posyandu Remaja bersama Tim Medis Puskemas Karangtengah, memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan, penimbangan berat badan dan mengukur tinggi badan, mengukur lingkar pinggang, dan memberikan pelayanan konseling kesehatan.

Bambang Pur