blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (baju batik) bersama jajaran Forkompimda, menyalami personel Satlinmas yang menjalani pengukuhan.(Dok.Prokopim Pemkab Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, menegaskan, personel Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) jangan hanya ronda dan membantu orang punya hajatan.

Sebagai sosok yang paling dekat dengan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan kejadian dan peristiwa di wilayah, keberadaan Satlinmas patut mendapatkan apresiasi lebih.

Selain sebagai pelindung masyarakat, baik dalam penanganan maupun pengurangan resiko bencana, Satlinmas juga memiliki peran strategis dalam memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat serta kegiatan sosial lainnya.

Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, penegasan Bupati tersebut, disampaikan saat apel pengukuhan anggota Satlinmas Desa/Kelurahan se-Kecamatan Pacitan. Acara ini digelar Kamis (8/12), di Gedung Olahraga (GOR) Pacitan.

”Saya sangat tidak setuju jika tugas Satlinmas hanya ronda dan membantu orang punya hajatan saja,” tegas Bupati.

Diberdayakan

Sebab, tandas Bupati, keberadaan Satlinmas harus dibangun dan diberdayakan oleh pemerintah, terutama desa/kelurahan. Bupati minta, Satlinmas bangkit menunjukkan peran tugas dan fungsinya sebagai satuan yang mampu dan tangguh, dalam perannya di masyarakat.

Saat ini, di Kabupaten Pacitan ada sebanyak 5.643 anggota Satlinmas. Ini menjadi sebuah potensi kekuatan yang luar biasa yang dapat digerakkan kapan pun dan di mana pun menyesuaikan dinamika di masyarakat.

Apel pengukuhan anggota Satlinmas diikuti oleh ratusan anggota se Kecamatan Pacitan, ditandai dengan penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) Satlinmas oleh Bupati Pacitan.

Turut hadir, Dandim 0801 dan yang mewakili Kapolres Pacitan, Sekretaris Daerah (Sekda) beserta Asisten Sekda dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bambang Pur