blank
Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH memberikan arahan dalam Pramusker Orma USM di Aula Prof Ir Joetata, Gedung V, Lt 6. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Bagian Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan pramusyawarah kerja bagi organisasi kemahasiswaaan (Orma) di lingkungan USM, pada 8 Desember 2022 di Aula Prof Ir Joetata, Gedung V, Lt 6.

Kegiatan ini diikuti 120 peserta yang terdiri atas delegasi setiap orma, antara lain Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Ekonomi, Dema Fakultas Psikolgi, Dema Fakultas Teknologi Hasil Pertanian, peninjau dari Dema dan BEM USM, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di antaranya UKM Bulu Tangkis, UKM Kopima, UKM Tae Kwon-do, dan UKM Pencak Silat.

blank
Peserta pramusker Orma USM menyimak arahan dari pimpinan USM di Aula Prof Ir Joetata, Gedung V, Lt 6. (Foto:News Pool USM)

Kegiatan dimulai dari registrasi peserta, arahan dan materi wakil Rektor III Dr Muhammad Junaidi SHI MH, dan Wakil Rektor II Dr Titin Winarto S Kom MM. Setelah itu dilanjutkan pembacaan tata tertib musker, pembahasan mengenai tata tertib sidang dan agenda sidang, penetapan tata tertib sidang dan agenda sidang dan pemilihan pimpinan sidang musker 2022.

”Peraih penghargaan akademik dan nonakademik di USM meningkat setiap tahun dari tahun 2018 yang 179, tahun 2019 berjumlah 162, tahun 2020 penghargaan berjumlah 149, 2021 penghargaan 96, dan di tahun 2022 meningkat drastis sejumlah 450 penghargaan. Peningkatan penghargaan lima kali lipat ini harus dipertahankan dengan melakukan kaderisasi agar prestasi selalu meningkat,” ujar Junaidi.

Dia menambahkan, penghargaan merupakan tonggak peningkatan ranking universitas.

”Beberapa hal yang harus dibahwa untuk persiapan musker di antaranya prestasi akademik, cara menghadapi kendala serius di organisasi agar bisa diatasi, indikator kegiatan mahasiswa yang berkualitas, anggaran kegiatan mahasiswa untuk kegiatan Orma, aturan Orma, aturan penghargaan, dan aturan beasiswa,” ungkapnya.

Wakil Rektor II juga memberikan arahan bidang keuangan pada kegiatan ini.

”Dalam pengunaan anggaran harus sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya yang dibuat. Selain itu jika ada perubahan program kerja dari Orma harus berkoordinasi dengan bagian kemahasiswaan,” imbuh Titin.

Dia berpesan, agar semua pengarahan yang telah disampaika I harus dicermati oleh Orma guna kelancaran penyelenggaraan kegiatan.

Muhaimin