blank
Tampak lobby Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung Polda Jawa Barat, yang hancur disebabkan ledakan bom yang dibawa orang tidak dikenal Rabu (7/12/2022). Foto : Dok Istw

BANDUNG (SUARABARU.ID) Bom meledak di Markas Polisi Sektor (Mapolsek) Astana Anyar, Polrestabes Bandung, Polda Jawa Barat pagi tadi, menyebabkan satu orang tewas dan 3 anggota polisi luka-luka, Rabu pagi (7/12/2022).

Menurut informasi yang dihimpun SUARABARU.ID menyebutkan, ledakan tersebut diduga merupakan ledakan bom bunuh diri yang dilakukan oleh warga sipil yang masuk ke halaman Mapolsek dengan mengacung-acungkan senjata tajam saat ada apel pagi dan warga sipil itu menerobos apel tersebut.

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung dalam keterangannya menyampaikan, pihaknya menerima laporan bom meledak itu, terjadi pada pukul 08.20 WIB pagi tadi. Dan saat itu, anggota Polsek Astana Anyar sedang melaksanakan apel pagi.

Kemudian tiba-tiba ada seorang laki-laki masuk ke Mapolsek Astana Anyar mengacungkan senjata tajam, kemudian menerobos apel pagi.

“Anggota menghindar, kemudian ada ledakan. Pelaku pembawa bom meninggal dunia di lobi Astana Anyar. Tiga orang anggota kami mengalami luka-luka dan saat ini sudah dirawat di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung (RS Polri di bandung),” ujar Kombes Aswin.

Dalam radius 200 meter dari lokasi kejadian, tampak sudah dipasangi garis polisi dan jalan raya pun ditutup sementara untuk memudahkan identifikasi oleh TKP.

Akibat ledakan tersebut, terlihat pintu gerbang dan lokasi apel pagi Polsek Astana Anyar hancur dan di sekitar Mapolsek ditemukan sebuah sepeda motor warna biru yang ditempeli kertas di tempat plat nopolnya yang bertuliskan “KUHP Hukum Syirik/Kafir. Perangi para penegak hukum syetan,”.

Absa