blank
Penyerahan berkas persyaratan calon anggota PPK yang telah lolos seleksi administrasi.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mulai mempersiapkan pelaksanaan seleksi tertulis bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setelah mengumumkan hasil penelitian administrasi pada 2 Desember 2022.

Keterangan resmi dari KPU Jepara, Tahap seleksi tertulis calon anggota PPK di Kabupaten Jepara akan berlangsung di SMA Negeri 1 Jepara SMK Negeri 3 Jepara pada 6 Desember 2022.

“Dalam seleksi tertulis kami nanti menggunakan metode computer assisted test (CAT). Ini menjadi bagian dari informasi yang kami sosialisasikan ke publik, khususnya para pelamar sejak awal bahwa seleksi tertulis dengan CAT,” kata Muhammadun, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Muhammadun, Senin (5/12/2022).

“Sesuai ketentuan dalam Keputusan KPU Nomor 476/2022, pelaksanaan seleksi tertulis memanfaatkan teknologi informasi dan menjamin asas efektif, efisien serta keterbukaan”, lanjutnya.

Lebih jauh Muhammadun mengatakan, Sesuai dengan surat keputusan KPU RI tersebut, selama hari pertama pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota PPK, yakni 2 Desember 2022 KPU Kabupaten Jepara membuka ruang tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota PPK melalui jdihkpujepara@gmail.com.

“Tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota PPK bisa disampaikan sampai dengan tanggal 10 Desember 2022. Sebab pada pada 11-13 Desember 2022 sudah masuk seleksi wawancara. Kami membutuhkan ruang partisipasi publik untuk mencermati para calon penyelenggara pemilu di kecamatan,” terangnya.

Sebelumnya, KPU telah mengumumkan hasil penelitian administrasi. Berdasarkan Pengumuman Nomor 299/PP.04.1-Pu/3320/2022 tentang Penetapan Hasil Seleksi Administrasi Panitia Pemilihan Kecamatran pada pemilihan Umum Tahun 2024, ada 552 calon anggota PPK yang akan mengikuti seleksi tertulis melalui CAT.

Ketentuan mengenai pelaksanaan seleksi tertulis dapat dibaca dalam https://kab-jepara.kpu.go.id/berita/baca/8406/pengumuman-nomor-299pp04-1-pu33202022-tentang-penetapan-hasil-seleksi-administrasi-panitia-pemilihan-kecamatan-pada-pemilihan-umum-tahun-2024.

Khusus jadwal seleksi tes tertulis metode CAT yang di antaranya menginformasikan tempat, waktu, sesi, dan nama-nama calon anggota PPK di tiap kecamatan sudah diumumkan di https://kab-jepara.kpu.go.id/berita/baca/8408/pengumuman-jadwal-dan-tempat-tes-tertulis-calon-anggota-ppk-pemilu-2024.

ua/kpujepara