blank
Personel TNI dari Koramil-21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, tampil memprakarsai karya bakti penanganan pascabencana tanah longsor bersama pamong desa dan masyarakat.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para prajurit TNI dari jajaran Koramil-21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, Rabu (30/11), memprakarsi karya bakti penanganan bencana tanah longsor. Lokasinya di Dusun Genang RT 1/RW 3 Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri.

Pelda Budi Sumariyanto dari Koramil-21 Bulukerto melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, bencana tanah longsor di Dusun dan Desa Geneng tersebut, terjadi bersamaan dengan turunnya hujan deras berkepanjangan.

Material tanah longsor mengakibatkan bangunan kamar mandi milik Suratno rusak. Bangunan rumah dan dapur miliknya juga terancam rusak, karena lantai dan dindingnya retak. Tidak ada kerugian jiwa pada peristiwa tersebut.

Upaya penanganan pascalongsor, dilakukan sejak Selasa (29/11) oleh anggota Koramil 21/Bulukerto bersama aparat pemerintah desa dan warga masyarakat. Melalui karya bakti gotong royong membersihkan material longsoran. Bersamaan itu, juga melakukan pengamanan darurat sebagai upaya mencegah longsor susulan,serta perbaikan rumah miik Suratno.

Kepada warga masyarakat, diseru untuk meningkatkan kewaspadaanya terhadap ancaman bencana hidrometereologi. Khususnya ketika turun deras berkepanjangan, yang dapat memicu bencana tanah longsor.

Bambang Pur