blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Upaya percepatan dan penurunan tengkes (srunting) di Kecamatan Donorojo, dilakukan bersama oleh lintas sektor. Hal tersebut ditegaskan dalam kegiatan Gerebek Stunting yang berlangsung di Desa Tulakan, Rabu (30/11/2022). Dalam kegiatan yang dihadiri Muspika dengan narasumber dari Dinkes dan DP3AP2KB Kabupaten Jepara, seluruh unsur sepakat melakukan langkah nyata agar angka stunting di wilayah tersebut dapat terus ditekan.

Ketua Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Kecamatan Donorojo, Widiyantoro mengatakan, sasaran kegiatan itu adalah 50 ibu dan balita stunting, 20 ibu hamil risiko tinggi, dan lintas sektor mulai tingkat kecamatan, puskesmas, hingga desa.

“Pada kegiatan ini peserta mendapat materi demo masak menu yang dibutuhkan untuk pemberian makanan tambahan (PMT), pemeriksaan kesehatan, dan penyerahan PMT,” kata Widiyantoro.

PMT pemulihan yang diberikan terdiri dari pemberian suplemen gizi sebanyak 70 paket yang terdiri dari susu dan biskuit. Juga sembako penunjang pemulihan. Pengadaan sembako penunjang ini bersumber dari swadaya Desa Tulakan terdiri dari minyak goreng, telur, dan gula.

“Ini diberikan kepada keluarga anak berisiko stunting ataupun yg mengalami stunting,” katanya.

Juga diberikan materi pengetahuan tentang upaya penurunan dan pencegahan stunting dari dua narasumber, Hadi Sarwoko (Dinkes) dan Nurkholis (DKK).

Sebelumnya, arahan telah disampaikan Camat Donorojo Setyo Adhi Wibowo, Petinggi Tulakan Budi Sutrisno, dan Kepala Puskesmas Donorojo Laksmi Lukiswati.

Akl