blank
Timsus Harimau dari Samapta Polres Wonogiri, ikut diturunkan dalam upaya meringkus 'pengacau' Pilkades di Keloran, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dua ‘kekacauan’ mewarnai pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Keloran, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Pertama, karena ada warga yang membuat onar. Pasalnya, dia memaksa untuk nyoblos, meski namanya tidak terdaftar dalam calon pemilih.

Kedua, massa pendukung jago yang kalah berulah. Mereka menuntut penghitungan ulang, meski proses pelaksanaan Pilkades telah dilakukan prosedural. Puncaknya, massa menculik Ketua Panitai Pilkades dengan todongan senjata tajam untuk dibawa ke Gudang Keloran.

Dua skenario ‘kekacauan’ itu, Selasa (29/11), ditampilkan dalam simulasi Tactical Floor Game untuk rencana pengamanan Pilkades oleh jajaran Polres Wonogiri Pimpinan Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto. Ini dilakukan, sebagai persiapan pengamanan Pilkades serentak Tahap I Tahun 2022. Tujuannya, agar personel mengerti cara bertindak secara taktis strategis.

Dalam skenario simulasi tersebut, petugas kepolisian diminta turun tangan, ketika para personel pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) kewalahan. Kapolsek Selogiri meminta back up bala bantuan dari Polres Wonogiri.

Kapolres melalui Kabag Ops, memerintahkan Kasat Reskrim dan Kasat Samapta bersama jajarannya, turun melakukan penindakan. Tim khusus (Timsus) Harimau (personel elite dari Samapta) diturunkan ke lokasi. Polres juga mengirimkan personel dari Inafis dan Tim Medis dari Dokkes.

Suasana yang awalnya tegang, berhasil dipulihkan tatakala oknum pengacau berhasil diringkus, dan Ketua Panitia Pilkades berhasil diselamatkan dari penyekapan yang dilakukan penculik.

Pilkades 15 Desa

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, kegiatan ini melibatkan sekitar 100 personel, digelar di halaman Mapolres Wonogiri.

Ikut hadir dalam acara ini, Bupati Wonogiri yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri Antonius Purnama Adi, Dandim 0728 Wonogiri yang diwakili Pasi Ops Kapt (Inf) Toto Mardoyo, Kepala Kesbangpol Rahmad Imam Santoso, Kasatpol-PP Joko Susilo dan Kabid Pemdes Zyqma Idatya Fitha.

Juga hadir Waka Polres Kompol Anggara Rustamyono, para Kabag dan para Kasat Polres, Danki Kompi-1C Brimob Solo Baru AKP Cipto Maryono, para Perwira Staf Polres, para Kapolsek bersama Danramil yang wilayahnya melaksanakan Pilkades Tahap I Tahun 2022.

Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, mengatakan, ini menjadi rangkaian kegiatan dalam mempersiapkan pengamanan Pilkades serentak Wonogiri Tanggal 7 Desember 2022 mendatang. Dimana pada hari H tersebut, akan digelar Pilkades di 15 desa yang tersebar di 12 dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Kapolres berharap, Pilkades serentak dapat dilaksanakan secara baik, tertib, aman, lancar, terjauhkan dari ancaman kekacauan dan tanpa menimbulkan ekses negatif. ”Kita harus senantiasa siap dan waspada, untuk mengahdapi segala kemungkinan,” tegasnya.

Pasi Ops Kodim 0728 Wonogiri, menyebutkan, untuk mendukung pengamanan Pilkades yang dilakukan Polres Wonogiri, disiapkan 180 prajurit yang merupakan personel organik di tingkat Koramil. Juga disiapkan pasukan TNI satu SST (Satuan Setingkat Peleton) yang stand by di Makodim 0728 Wonogiri.

Bambang Pur