blank
Bus Trans Semarang kini memiliki armada yang ramah terhadap para penyandang disabilitas. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Layanan Umum Trans Semarang kini menghadirkan bus low entry yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Dengan hadirnya unit baru ini tentunya akan mempermudah penyandang disabilitas bepergian menggunakan transportasi umum di Kota Semarang.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Trans Semarang, Hendrix Setiawan, mengungkapkan saat ini Trans Semarang telah mengoperasionalkan Dua bus low entry ramah disabilitas.

Ia mengungkapkan masing-masing bus saat ini sudah beroperasional dengan rincian satu bus di koridor 3 rute Pelabuhan – Elizabeth dan satu bus di koridor 4 rute Terminal Cangkiran –  Stasiun Tawang.

Kehadiran dua unit bus ini dilengkapi dengan space khsusus dibelakang armada yang dirancang untuk tempat kursi roda.

“Nantinya rencana di koridor 2 rute Terboyo – Sisemut juga akan memiliki armada low entry. Saat ini tengah dalam proses perakitan.” tuturnya, Senin (28/11/2022).

Hendrix menjelaskan sesuai dengan slogan Trans Semarang yaitu #TerusBerbenah, pihak nya terus melakukan inovasi untuk memudahkan Masyarakat khususnya para disabilitas dalam bepergian.

Selain telah meluncurkan bus low entry pada September 2022, sebelumnya Trans Semarang juga telah me-launching Kartu Trans Semarang Khusus Disabilitas dengan tarif Rp 1.000.

“Untuk halte-halte Trans Semarang satu persatu kami benahi dengan standart kemiringan 8 derajat. Agar memudahkan Pengguna kursi roda lebih dimudahkan saat menuju halte,” katanya.

Hendrix berharap ke depan agar semua koridor Trans Semarang bisa memiliki bus low entry ini guna memudahkan para disabilitas.

Hery Priyono