blank
Sentra pengasapan ikan yang ada di Desa Wonosari, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. Foto: pemkab

DEMAK (SUARABARU.ID)– Sentra pengasapan ikan yang ada di Desa Wonosari, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, tampil sebagai yang terbaik untuk Kategori Destinasi Belanja, di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022.

Destinasi Belanja dengan nama Asap Indah Wonosari ini, disebut menjadi yang terbaik pada puncak API Award 2022, yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Komplek Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Jumat (25/11/2022). Hadir dalam acara itu, Bupati Demak, Eisti’anah, didampingi Plt Kadinas Pariwisata, Endah Cahyarini.

”Alhamdulillah, penghargaan ini sangat membanggakan. Karena di ajang Nasional, Kabupaten Demak berhasil mendapat Juara I. Terima kasih untuk semuanya. Prestasi ini tidak terlepas dari peran seluruh masyarakat Kabupaten Demak, yang telah mendukung dan mengantarkan Asap Indah Wonosari, sebagai yang terbaik secara Nasional,” kata Bupati dalam keterangannya di Demak, Senin (28/11/2022).

BACA JUGA: Polres Kudus Bekuk Pelaku Prostitusi Online Via Michat

blank
Bupati Demak Eisti’anah, menerima penghargaan API Award 2022, untuk Kategori Destinasi Wisata Belanja Terbaik. Foto: pemkab

Bupati juga merencanakan, di tahun depan pada ajang yang sama, akan mengikutkan dua kategori. ”Kita akan ajukan destinasi wisata baru, yaitu Demak Green Garden, yang ada di Rowo Mijen, dan Kerajinan Blangkon,” terang Bupati.

Dia berharap, dengan adanya prestasi ini, pariwisata yang ada di Kabupaten Demak bisa lebih dikenal kalangan masyarakat luar, baik tingkat provinsi maupun Nasional.

Sementara itu, Plt Kadinas Pariwisata, Endah Cahyarini, menyatakan, pada 2021 Kabupaten Demak juga pernah meraih dua penghargaan. ”Tahun 2021 Demak meraih Juara II untuk Kategori Minuman Tradisional Jamu Coro. Sedangkan Destinasi Belanja Wisata pada alat musik kesenian rebana, sebagai Juara III,” ungkapnya.

BACA JUGA: Bank Jateng Teken Kerja Sama dengan Universitas Indonesia

Ditambahkan Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Ardhito Prabowo, API Award ini sudah yang ketujuh kalinya digelar, sejak 2016 lalu. Namun untuk Kabupaten Demak, ini merupakan tahun ketiga dalam keikutsertaannya di ajang bergengsi ini.

”Pada 2020 lalu, Pantai Istambul diikutkan dalam Kategori Destinasi Wisata, namun belum menjadi juara. Kemudian pada 2021 Kabupaten Demak kembali mengikuti dengan dua kategori, yakni Destinasi Belanja Rebana dan Minuman Tradisional Jamu Coro,” jelas dia lagi.

Kemudian, lanjutnya, di tahun ini Kabupaten Demak ikut dalam satu Kategori Destinasi Belanja, yakni Asap Indah Wonosari. Pada kategori ini, Kabupaten Demak berhasil menjadi yang terbaik.

Riyan