blank
Para relawan LAZiS Jateng tengah sibuk di dapur umum di lokasi korban gempa Cianjur. Foto: Dok/LAZiS Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Merespon bencana gempa magnitudo 5,6 di Cianjur, LAZiS Jateng menerjunkan empat relawan dan satu ambulans untuk membantu masyarakat terdampak gempa.

Pihaknya juga mengirimkan bantuan tahap pertama dan akan memberangkatkan truk kemanusiaan peduli gempa Cianjur yang berisi titipan dari para donatur dan mitra pada 2 Desember 2022 mendatang.

“Posko tanggap bencana LAZiS Jateng berlokasi di Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Mulai dari penyaluran makan cepat saji, alat tidur, paket sembako, kebutuhan anak dan balita serta pendirian dapur umum menjadi kegiatan para relawan,” ungkap relawan LAZiS Jateng, Prianggono, Senin (28/11/2022).

Prianggono menjelaskan, hingga saat ini total ada 258 KK menjadi penerima manfaat bantuan LAZiS Jateng dengan total 8 titik aksi kemanusiaan.

“Tim relawan akan berusaha untuk terus memberikan update informasi di lokasi kejadian, dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk melakukan pemetaan kebutuhan bagi masyarakat terdampak. Insya Allah kami berusaha maksimal memenuhi kebutuhan para penyintas, terutama kebutuhan mendesak,” kata Prianggono

Sementara itu Direktur Eksekutif LAZiS Jateng, Doso Sutrisno mengatakan, musibah gempa Cianjur yang terjadi belakangan ini merupakan duka bersama.

“Bencana gempa Cianjur menjadi duka bersama. Ratusan korban meninggal dunia dan ribuan warga mengungsi di beberapa titik pengungsian yang tersedia sampai dengan saat ini,” tsndas Doso.

Doso mengatakan, LAZiS Jateng merespon cepat dengan mengirimkan relawan untuk pendataan serta pendistribusian awal bantuan kepada para penyintas, penyiapan armada ambulans, serta akan memberangkatkan truk kemanusiaan peduli gempa Cianjur.

“Bantuan untuk korban terus kami ikhtiarkan, dan relawan akan diberangkatkan dalam beberapa tahap untuk mendistribusi bantuan yang dibutuhkan,” tuturnya.

Insya Allah kami juga akan memberangkatkan truk kemanusiaan peduli gempa Cianjur. Truk kemanusiaan akan membawa berbagai kebutuhan bagi warga terdampak, yang merupakan titipan para donatur dan mitra LAZiS Jateng,” imbuhnya.

Ning Suparnimgsih