blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat membuka lomba burung berkicau tingkat Nasional, Piala Kapolda Cup 2022. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi membuka kegiatan “Lomba Burung Berkicau tingkat Nasional Piala Kapolda Cup 2022”.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolda Jateng ini dihadiri pejabat utama (PJU) Polda Jateng dan para peserta lomba.

Dalam sambutannya Luthfi berharap, dengan digelarnya lomba ini Polri akan semakin dekat dengan masyarakat khususnya para pecinta burung.

“Ini bukan hanya suatu ajang saja, namun diharapkan bisa meningkatkan kedekatan antara kepolisian dengan penghobi burung,” ujar Luthfi, Minggu (27/11/2022).

Menurut Luthfi, kegiatan serupa juga dilaksanakan di seluruh Polres jajaran Polda Jawa Tengah.

Ada sekitar 3000 burung yang dilombakan dalam 33 kelas dari beberapa jenis burung. Mulai dari Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer, Kenari, Cendet, Ania Merah, dan lainnya.

Untuk kriteria penilaian dalam lomba sendiri antara lain, irama lagu, volume, gaya dan durasi kerja.

Aipda Dodi Arif Kurniawan, anggota Bidkum Polda Jateng yang mendapat Juara III dalam Kelas Suaka Polda Jateng pada lomba kicau burung tingkat Nasional ini mengaku sudah melalangbuana di dunia perburungan. “Ini merupakan apresiasi dari Kapolda,” ucapnya.

Menurut Panitia Penyelenggara dari DPW RGN (Radja Garuda Nusantara) Jateng II, Aris Wardana, dalam lomba harus ada variasi lagu disertai dengan volume yang bisa didengar juri.

“Untuk durasi juga ada penilaian, mulai durasi awal, tengah dan akhir. Dan untuk gaya sendiri harus mampu memukau juri,” sebutnya.

Diketahui, lomba burung berkicau ini merupakan kedua kalinya digelar yang pada hari ini peserta mayoritas diikuti dari Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

Ning Suparningsih