blank
Keanggunan pembukaan Anugerah Pesona Indonesia 2022 yang selenggarakan di gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala ( Foto: Amaliyatul HR)

Oleh : Amaliyatul Hidayah Rofiq – Unisbank Semarang

BANDA ACEH (SUARABARU.ID)  – Kota Banda Aceh bangga menjadi tuan rumah pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2022 yang selenggarakan di gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala (USK), Kota Banda Aceh pada tanggal 24-25 November 2022.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal penunjukan Aceh sebagai tuan rumah sangat tepat. Sebab kota ini memiliki potensi wisata yang sangat besar.

“Banda Aceh merupakan satu kota memiliki potensi  wisata, yakni destinasi sejarah, yang menjadi gudang sejarah baik sejarah Indonesia, tatanan kemerdekaan, dan perjuangan,” ujarnya

blank
Pagelaran seni tradisional yang berhasil memukau penonton ( Foto: Amaliyatul HR)

Selain itu, ibu kota Provinsi Aceh ini juga tempat sejarah religius peradaban Islam, seperti dapat ditemukan masjid Raya Baiturrahman yang ikonik. Kota Banda Aceh juga memiliki wisata alam yang indah. Terakhir, kota ini juga mempunyai destinasi kuliner yang beragam.

Lebih lanjut Almuniza Kamal menyebutkan, per 3 Oktober lalu pesawat Air Asia sudah terbang dari Kuala Lumpur ke Aceh. Ini   berarti bandara internasional telah dibuka kembali. “Selain itu, wisata Nusantara di Aceh sudah hampir menyentuh 123.039 orang per periode Januari hingga Mei,” ungkapnya

“Ini memunculkan bahwa Aceh sudah terbuka dan harus menyiapkan diri menjadi tuan rumah, dan memastikan tagline pemulia jame harus menjadi hasil bukan hanya sekedar tagline,” sebutnya Almuniza Kamal memaparkan, potensi situs bersejarah sangat banyak di Aceh, mulai dari Sabang tercatat 103 situs cagar budaya.

“Sedangkan untuk kelompok sadar wisata sebanyak 202 orang, pemandu 502 orang, 553 hotel, 398 biro perjalanan, 321 usaha cendera mata dan lainnya menjadi kekuatan untuk Aceh dalam mengangkat pariwisata Nusantara,” imbuhnya.

Pemeran UMKM

Sehari menjelang Malam Anugerah Pesona Indonesia 2022, juga diadakan pameran produk Enkraf Pesona Tanoh Aceh. Pameran ini dibuka langsung oleh Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal

Sebanyak 27 produk usaha mikro kecil menengah (UMKM)  di bidang ekonomi kreatif mengisi stan pembukaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 Ke-7, di AAC Dayan Dawood, Universitas Syiah Kuala (USK), Kota Banda Aceh, Kamis (24/11).  UMKM yang berhadir memamerkan berbagai macam produk seperti kuliner, busana, suvenir, kopi, parfume, kriya dan lainnya.

Pegiat pariwisata, Arif Fadillah mengatakan, Aceh saat ini menjadi tuan rumah API Ke-7 dan kegiatan itu merupakan rangkaian agenda pariwisata yang dilaksanakan dari 24 hingga 25 November 2022.

“Sebelumnya Aceh pernah dilanda tsunami 2004 yang menyapu beberapa kecamatan. Karena kerja sama semua pihak, Aceh saat ini dapat bangkit dan normal kembali,” katanya.

Penulis adalah peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2 di Banda Aceh (Universitas Syiah Kuala), Mahasiswa Unisbank Semarang