blank
Cristiano Ronaldo. (foto: espn.com)

(SUARABARU.ID) – Cristiano Ronaldo membuat sejarah pada Kamis sebagai pemain pria pertama yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia dalam pertandingan pembukaan Portugal di Qatar melawan Ghana.

Kapten Portugal itu mencetak gol pada menit ke-65 dari titik penalti — gol ke-118 untuk negaranya — untuk membuka skor di Stadion 974 Doha. Portugal kemudian menang 3-2 saat gol dari Joao Felix dan Rafael Leao membantu mereka mengatasi cuaca dua usaha telat dari Ghana.

Ronaldo, 37, adalah pencetak gol paling produktif di sepak bola internasional pria dan telah mencatatkan 18 penampilan untuk Portugal di Piala Dunia. “Ini adalah momen yang indah, di Piala Dunia kelima saya. Kami menang, kami memulai dengan kemenangan yang sangat penting,” kata Ronaldo tentang pencapaian tersebut. “Kami tahu bahwa dalam kompetisi ini memenangkan pertandingan pertama sangat penting. Rekor lain juga, satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia berturut-turut, bagi saya itu adalah alasan yang sangat membanggakan.”

“Hal terpenting adalah tim menang. Masalah (Manchester United) sudah ditutup, dan fokusnya semata-mata dan eksklusif pada Piala Dunia. Seperti yang saya katakan, kami ingin memulai dengan langkah yang tepat. Kami menang, kami bermain baik, saya membantu tim. Yang lainnya tidak penting. Yang penting adalah tim nasional,” ujarnya kepada espn.com.

Pencapaian terbarunya datang setelah dia meninggalkan Manchester United dengan “kesepakatan bersama” awal pekan ini setelah wawancara TV yang eksplosif di mana dia mengkritik klub dan pelatih Erik ten Hag.

Sang penyerang melakukan debutnya di Portugal pada tahun 2003 dan mencetak gol pertamanya 10 bulan kemudian selama pertandingan penyisihan grup Euro 2004 melawan Yunani.

Gol Piala Dunia pertamanya, pada tahun 2006, berasal dari titik penalti dalam kemenangan 2-0 atas Iran. Gol Piala Dunia berikutnya datang empat tahun kemudian di Afrika Selatan dalam kemenangan 7-0 atas Korea Utara. Ronaldo juga mencetak gol dalam kemenangan 2-1 Portugal atas Ghana di Piala Dunia 2014 di Brasil, tetapi timnya menghadapi kekecewaan karena tersingkir di babak penyisihan grup.

Pemain pertama yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia, pria atau wanita, adalah Marta pada 2019, dan Christine Sinclair menyamai prestasi tersebut pada tahun yang sama.

Perjalanan Piala Dunia Ronaldo yang paling sukses adalah pada tahun 2018 di Rusia, di mana ia mencetak empat gol, termasuk hattrick dalam hasil imbang 3-3 dengan Spanyol. Gol terakhir datang pada menit ke-88, tendangan bebas dari jarak 25 yard yang melayang ke pojok kiri atas melewati rekan setim United David de Gea.

Penampilan terbaik Portugal bersama Ronaldo adalah Piala Dunia 2006, saat mereka finis keempat.

Dengan mencetak gol dalam pertandingan Grup H hari Kamis melawan Ghana, gol kedelapannya di Piala Dunia, dia hanya satu gol untuk menyamai rekor negaranya dalam kompetisi, yang dibuat oleh legenda Portugal Eusebio. Eusebio membantu Portugal mencapai tempat ketiga di Piala Dunia 1966 di London, di mana ia finis sebagai pencetak gol terbanyak dengan sembilan gol.

Waktu terbaik Ronaldo di sepak bola internasional datang ketika ia menjadi kapten Portugal untuk kejayaan Euro 2016 melawan tuan rumah Prancis dengan kemenangan 1-0. Itu adalah gelar besar pertama Portugal, dan diikuti oleh kejayaan UEFA Nations League tiga tahun kemudian.

Cristiano Ronaldo menulis di Instagram: “Kemenangan yang sangat penting dalam pembukaan Piala Dunia kami tetapi tidak ada yang dimenangkan! Itu hanya langkah pertama! Kami tetap fokus mengejar tujuan kami. Portugal yang kuat!”

Nur Muktiadi