blank
ilustrasi makanan pedas. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Makan pedas sebagai pelengkap makanan sepertinya memang menjadi hal wajib bagi sebagian orang. Hal itu pun tak dapat dipungkiri bahwa makanan dengan rasa pedas memiliki sensasi kenikmatan tersendiri.

Dilansir dari Suara.com, Namun semua tentu ada batasnya, termasuk mengonsumsi makanan pedas. Hal itu untuk menghindari efek buruk yang tidak diinginkan.

Terkait hal itu, berikut 6 tanda kamu sebaiknya sudah harus mengurangi makanan pedas sebagaimana dilansir dari Health Shots.

1. Mual dan muntah

Tanda pertama kamu sudah makan cabai dalam jumlah banyak adalah kamu akan mual dan muntah. Selain membatasi konsumsi makanan pedas, kamu juga bisa mengatasi hal ini dengan cara mengonsumsi keju, es krim, hingga minum susu dingin setelah konsumsi cabai. Hal itu berfungsi untuk menenangkan kondisi perutmu.

2. Masalah pencernaan

Cabai merah mengandung capsaicin yang dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan. Kandungan pada cabai tersebut juga bisa mengakibatkan sejumlah masalah seperti mulas, buang air besar, hingga kehilangan nafsu makan.

3. Terjadi iritasi dan ruam

Konsumsi cabai dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan terjadinya sariawan. Selain itu, jika mengonsumsi makanan pedas sudah menjadi suatu kebiasaan, maka hal itu akhirnya dapat mengakibatkan terjadinya iritasi atau ruam pada mulut. Hal itu tentu berbahaya karena bisa mendorong terjadinya infeksi.

4. Stres

Siapa sangka, terlalu banyak mengonsumsi cabai bisa mendorong terjadinya stres. Hal itu karena kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai. Zat tersebut bisa menjadi berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Hal itu mengakibatkan tubuh melepaskan endorfin yang akhirnya menyebabkan stres.

5. Sakit maag

Ada berbagai faktor penyebab terjadinya penyakit maag, salah satu faktor terbesarnya adalah karena konsumsi makanan pedas terlalu banyak. Bahkan, kandungan aflatoksin pada cabai juga dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit lambung, sirosis hati, hingga kanker usus besar.

6. Keringat berlebih

Tanda terakhir bahwa kamu telah mengonsumsi banyak cabai adalah tubuh mengalami keringat berlebih. Hal itu karena kandungan capsaicin dalam cabai bisa meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu, tak mengherankan jika tubuh akan cenderung sangat berkeringat jika sudah konsumsi cabai secara berlebihan.

Claudia