blank
Sumpah jabatan Kasat Intelkam Polres Magelang, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun minta anggotanya untuk jangan pernah malu bertanya kepada siapa pun untuk menyelesaikan masalah. “Pahami tugas pokok, tingkatkan profesionalisme, transparansi penyerapan anggaran, perkuat soliditas dan sinergitas, jaga netralitas, antisipasi dan perkuat pengamanan mako dan asrama, serta selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19,” pintanya.

Dia mengatakan hal itu pada serah terima jabatan Kasat Intelkam, hari ini Kamis (24 November 2022). Kasat Intelkam AKP Suprijanto SH diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasat Intelkam Polres Semarang. Digantikan oleh AKP Sri Haryono SH MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Intelkam Polres Temanggung.

Selebihnya Plt Kapolresta Magelang mengingatkan bahwa Polri dituntut meningkatkan profesionalisme dalam menghadapi tugasnya. Serta bertindak secara proporsional sesuai dengan bidangnya, sehingga masyarakat yang memerlukan bantuan dan perlindungan dari Polri dapat terlayani dengan baik sesuai harapan masyarakat. Berbagai inovasi dan terobosan telah diupayakan guna peningkatan pelayanan Kamtibmas.

“Selain kemampuan dan kecepatan
dalam bertindak, Polri diharapkan untuk selalu transparan dalam setiap penanganan perkara, sehingga masyarakat semakin yakin bahwa setiap permasalahan yang dilaporkan kepada Polri akan diselesaikan secara profesional dan proporsional,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Plt Kapolresta mengatakan bahwa pergantian jabatan merupakan bagian dari mekanisme pembinaan karier personel Polri yang rutin dilakukan. Hal itu untuk memberikan pengalaman dan tambahan wawasan bagi pejabat yang bersangkutan. Sebagai bekal dalam mengembangkan diri pribadi dalam jenjang berikutnya.

“Juga bertujuan meningkatkan kemampuan organisasi, agar tidak terjebak dalam situasi rutinitas dan monoton, demi terpeliharanya regenerasi dalam kinerja organisasi atau kesatuan,” tuturnya.

Mutasi jabatan sekaligus sebagai upaya peningkatan kinerja Polri dalam memberikan layanan publik yang baik, melindungi, mengayomi masyarakat dan menegakkan hukum.

Kepada pejabat baru diberikan ucapkan selamat atas jabatan yang diterima. Diminta segera menyesuaikan diri dengan situasi kerja di tempat tugas yang baru. “Lakukan konsolidasi internal dan mapping permasalahan personel maupun materiil, kenali situasi dan kondisi tempat tugas secara lengkap dan mendalam, teruskan program kerja yang sudah baik dan tingkatkan kerja sama yang lebih baik lagi dengan semua unsur terkait serta komponen masyarakat,” pintanya.

Diingatkan juga, ke depan tugas Polri selaku pelindung,
pengayom dan pelayan masyarakat, pembina kamtibmas serta aparat penegak hukum semakin berat. Juga penuh tantangan sesuai dinamika masyarakat sekitar, baik lokal, regional maupun nasional. Dengan berbekal motivasi bahwa jabatan adalah amanah dan panggilan pengabdian yang mulia.

“Maka kita harus menerima tugas dan tanggung jawab tersebut dengan berbagai risiko serta pengorbanannya,” tegasnya.

Plt Kapolresta juga memberikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama yang bertugas di Magelang hampir lima tahun. “Tentunya sudah
banyak yang saudara lakukan untuk merubah ke arah yang lebih baik di kesatuan ini, semoga saudara semakin sukses di tempat penugasan yang baru,” harapnya.

Eko Priyono