blank
Kakanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin mewakili Menkumham Yasonna H Laoly menghadiri Munas XVII Hipmi yang dibuka Presiden Jokowi, di Hotel Alila Solo. Foto: Dok/Kanwil

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kakanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin mewakili Menkumham Yasonna H Laoly menghadiri Munas XVII Hipmi yang dibuka Presiden Jokowi, di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).

Yuspahruddin menyatakan dukungannya terhadap para pengusaha muda Indonesia. “Kami mendukung penuh eksistensi para pengusaha muda Indonesia,” ujarnya.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa pengusaha muda nasional menjadi penopang ekonomi nasional. Perbaikan ekosistem bisnis yang kondusif, penguatan regulasi hingga permodalan akan mendorong geliat wirausaha masyarakat Indonesia,” tuturnya.

“Kemenkumham telah memberikan kemudahan regulasi bagi para pengusaha muda yang ingin mendirikan perusahaan, dalam hal ini Perusahaan Perorangan,” terangnya.

Menurut Yuspahruddin, banyak keunggulan yang diberikan Perusahaan Perorangan, yakni proses pembuatan yang mudah, cepat, murah dan transparan.

Selain itu, Perusahaan Perorangan tidak dikenakan pajak perusahaan seperti halnya PT atau Partnership (Firma), tidak melalui proses administrasi hukum yang terlalu kompleks dan lebih mudah memperoleh kredit.

Sementara itu Presiden Jokowi dalam pembukaan Munas tersebut meminta pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) konsisten membangun kepercayaan global, sehingga produk-produk yang dihasilkan dipercaya negara lain.

“Kalau kita menjadi pengusaha, yang kita bangun adalah kepercayaan orang lain terhadap kita. Sebagai negara, kita juga membangun kepercayaan internasional, kepercayaan global, kepercayaan negara-negara lain terhadap Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, penyelenggaraan KTT G-20 di Bali yang berlangsung 15-16 November menjadi bukti kepercayaan dunia Internasional kepada Indonesia.

Presiden Jokowi mengaku bangga di antara negara-negara G-20, ekonomi Indonesia termasuk yang terbaik.

“Ini membangun kepercayaan dari sana. Pas kita sebagai ketua G20, menyelenggarakan KTT G20 di Bali, pas ekonomi kita di kuartal 3 berada di angka 5,72%, coba dibandingkan dengan negara G20 lainnya,” tandasnya.

Selain itu, kata Jokowi, inflasi juga bisa dikendalikan pada posisi yang masih sangat baik, yaitu di angka 5,7%. Hal-hal seperti ini yang menumbuhkan kepercayaan, trust global kepada Indonesia.

Ning Suparningsih