blank
Pencanangan KSB Kutacana yang dilakkukan oleh PJ Bupati Edy Supriyanta (Foto: Kmf)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Desa Kunir, Kecamatan Keling menjadi kampung siaga bencana (KSB) pertama di Kabupaten Jepara Selasa, (22/11/2022). Pencanangan KSB Kutacana   yang dilakukan oleh PJ Bupati Edy Supriyanta ini sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi di wilayah rawan bencana.

Hadir juga Dandim 0719/Jepara Letkol Inf M. Husnur Rofiq, Fungsional Peksos Ahli Madya Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI Edy Suwarna, dan Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid.

blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat mencanangkan Desa Kunir sebagai kampung Siaga Bwencana (Foto: Kmf)

Menurut Edy Supriyanta, Desa Kunir ditetapkan KSB pertama di Jepara. Kalau di Jateng sudah ada 150 KSB,” kata dia. Karena itu ia berharap  162 desa di Jepara, juga siap menjadi kampung siaga bencana. “Jepara menempati rangking 10 di Jateng terkait daerah rawan bencana. Bahkan dari 16 kecamatan yang ada, separuhnya merupakan wilayah rawan bencana,” ujarnya

Sementara Edy Suwarna mengatakan, saat ini Pemkab harus segera siapkan lumbung sosial di seluruh kawasan rawan bencana. Kecamatan Keling terinformasi merupakan daerah rawan bencana di Jateng.

Menurut Komisi VIII Abdul Wakhid penetapkan  ini menjadi tugas berat bagi Desa Kunir, karena menjadi percontohan KSB di Jepara. Mereka diharapkan ikut memberikan contoh bagi Desa lain di Jepara.

Hadepe – kmf