blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri atas dosen Pascasarjana Magister Universitas Semarang (USM) memberi Penyuluhan dan Pelatihan kepada pelaku usaha kecil di Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang pada 8 November 2022.(foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri atas dosen Pascasarjana Magister Universitas Semarang (USM) memberi Penyuluhan dan Pelatihan kepada pelaku usaha kecil di Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang pada 8 November 2022.

Kegiatan yang diikuti pelaku usaha kecil itu dibiayai oleh Universitas Semarang (USM).

Tim PkM USM terdiri atas Ketua, Dr Drs Djoko Santoso MSi, dan anggota Dr Soejito SE MSi, Dr Wyati Sadewisasi SE MSi. perlu membantu meningkatan usaha mereka.

blank
Tim PkM USM dan para peserta foto bersama seusai Pelatihan kepada pelaku usaha kecil di Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang pada 8 November 2022. (Foto:News Pool USM)

Menurut Djoko, tujuan kegiatan membantu para pengusaha kecil yang rata rata bergerak di usaha kuliner, memiliki pemahaman mengenai pengelolaan usaha kuliner yang sukses dan berdaya saing.

”Kami ingin membantu para pelaku usaha kecil meningkatkan usaha. Kami memahami kondisi pascapandemi berdampak pada perkembangan dan kemajuan usaha kecil di Kelurahan Sambirejo,

blank
Tim PkM USM dan para peserta foto bersama seusai Pelatihan kepada pelaku usaha kecil di Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang pada 8 November 2022. (Foto:News Pool USM)

Kecamatan Gayamsari-Kota Semarang,” ujar Djoko.
Hal senada dikatakan Soejito.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk memberi pemahaman tentang pentingn branding dan packiging produk kuliner yang aman, sehat dan menarik.

Kemanfaatan kegiatan pengabdian ini diharapkan para pengusaha kecil mendapatkan manfaat berupa pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang pengelolaan pengelola usaha.

”Manfaat bagi Tim PkM, dapat bermanfaat karena dapat mengimplementasikan ilmu kewirausahaan, manajemen usaha,pemaaran dan diversivikasi produk usaha kecil di Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang,” ungkapnya.

Muhaimin