blank

(SUARABARU.ID) – Juara Piala Afrika Senegal akan menghadapi tim Belanda yang sedang dalam performa terbaiknya pada Senin, 21 November 2022 pukul 23.00 WIB, di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar.

Tim besutan Aliou Cisse meneruskan tren positif kemenangan kontinental pertama pada Februari lalu dengan kemenangan playoff melawan Mesir untuk mengamankan tiket lolos kualifikasi Piala Dunia. Namun, Sadio Mane – andalan utama yang mencetak tendangan penalti yang menentukan dalam kedua kemenangan tersebut – tidak akan lagi ambil bagian karena cedera.

Sementara itu Belanda tak memiliki masalah dalam kebugaran, dan datang ke Piala Dunia pertama mereka sejak 2014 dalam performa yang sangat baik. Belanda tidak terkalahkan dalam 15 pertandingan sejak Louis van Gaal ditunjuk sebagai manajer untuk ketiga kalinya tahun lalu.

“Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan kami dapat memulihkan Mane pada waktunya untuk bermain. Namun, upaya untuk mengobati kerusakan yang diderita Mane pada fibula pada 8 November – termasuk penggunaan obat tradisional – tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya dan dia sekarang secara resmi dikeluarkan dari turnamen,” kata Cisse seperti dilansir 90min.com.

Lima hari sebelum kick-off, anggota dewan Federasi Sepak Bola Senegal Abdoulaye Sow mengonfirmasi bahwa Lions of Teranga “harus bertahan tanpa pemain terbaiknya”. Abdou Diallo juga diragukan karena masalah lutut.

Mane telah mencetak atau menciptakan sembilan dari 14 gol terakhir Senegal dalam pertandingan kompetitif. Penyerang Bayern Munich itu merupakan kerugian besar bagi lini depan tim yang “harus terus meningkatkan efisiensi kami di depan gawang”, menurut manajer mereka sendiri.

Dari kubu Belanda, Memphis Depay yang merupakan pemain internasional pencetak gol terbanyak telah berjuang dengan masalah hamstring sejak tampil untuk Oranje pada bulan September. Van Gaal menegaskan penyerang itu tidak akan menjadi starter di pertandingan pembuka Piala Dunia mereka karena ia melanjutkan pemulihan.

Sedangkan Denzel Dumfries terpaksa keluar karena cedera lutut saat tampil untuk Inter melawan Atalanta, hanya delapan hari jelang pertandingan melawan Senegal. Marten de Roon tidak menjadi bagian dari lawan hari itu karena dia menderita masalah otot.

Absennya Memphis tentu akan sangat dirasakan oleh Belanda, tetapi Van Gaal bisa dibilang memiliki lebih banyak opsi penyerang untuk dipanggil daripada lawannya. Hanya Inggris dan Jerman yang mencetak lebih banyak gol di kualifikasi Piala Dunia Eropa daripada Belanda.

Sementara lini pertahanan mereka jauh lebih sempurna, Oranje asuhan Van Gaal seharusnya memiliki cukup kemampuan untuk mengatasi tim Senegal yang kehilangan pemain bintang mereka.

Head to Head:

Senegal dan Belanda sejauh ini belum pernah bertemu di ajang mana pun.

Performa Lima Laga Terakhir :

Senegal: W-W-W-W-D (Menang 4, Seri 1)
Belanda: W-D-W-W-W (Menang 4, Seri 1)

Perkiraan Susunan Pemain :
Senegal (4-3-3): E Mendy; Sabaly, Cisse, Koulibaly, Ballo-Toure; PM Sarr, N Mendy, I Gueye; I Sarr, Dia, Diatta.
Cadangan: S Dieng, Gomis, Jakobs, Diallo, Kouyate, F Mendy, Name, P Gueye, Ciss, Loum, Ndiaye, Diedhiou, B Dieng, Jackson.

Belanda (3-4-1-2): Pasveer; Kayu, Van Dijk, Ake; Frimpong, F De Jong, Koopmeiners, Blind; Gakpo; Bergwijn, Janssen.
Cadangan: Bijlow, Noppert, De Ligt, De Vrij, Malacia, Berghuis, Klaasen, Taylor, Simons, L De Jong, Lang, Weghorst.

Prediksi : Belanda Menang, Handicap: 3/4 : 0

Nur Muktiadi