blank
Para Juara Foto bersama Wakil Bupati Blora, usai serahkan piala di  malam penganugerahan Festival Desa Wisata Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora meraih juara I Festival Desa Wisata Blora, 2022. Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM, menyerahkan penghargaan dan uang pembinaan kepada desa para pemenang di malam penganugerahan festival tersebut, Sabtu malam Minggu, (19/11/2022).

Berikut desa-desa yang meraih juara di Festival Desa Wisata Blora 2022, juara terbaik II diraih Desa Bangowan, Kecamatan Jiken, juara terbaik III diraih Desa Singonegoro Kecamatan Jiken.

Untuk juara harapan 1 diraih Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon, harapan 2 diraih Desa Balong, Kecamatan Jepon. Sementara untuk  juara harapan 3 diraih Desa Palon, Kecamatan Jepon.

Luar biasa, memang helatan Festival Desa Wisata Blora 2022. Untuk itu Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati yang akrab disapa Mbak Etik itu berharap, agar gelaran festival desa wisata tersebut bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk terus mengembangkan potensi wisata didesanya.

‘’Meski baru digelar kali pertama, sudah ada sekitar 18 desa yang berpartisipasi. Semoga tahun depan akan menginspirasi desa lainnya untuk mengembangkan potensi wisata di desanya masing-masing.  Kita punya 271 desa yang memiliki potensi wisata masing-masing,” ungkap Mbak Etik.

blank
Wabup Tri Yuli Setyowati, ST, MM, serahkan piala di  malam penganugerahan Festival Desa Wisata Blora.  Foto: Kudnadi Saputro Blora

Disampaikan, Wakil Bupati, Pemerintah Kabupaten Blora akan terus mendukung desa wisata yang ada di Blora untuk berkembang. Salah satunya dalam bentuk akses jalan.

“Ini menjadi PR kita bagaimana akses jalan ke desa wisata harus kita perhatikan,” imbuh Tri Yuli Setyowati.

Sementera itu, Ketua BUMDES Desa Bangowan, Winarto, menyambut baik adanya gelaran festival desa wisata di Kabupaten Blora, dalam rangka untuk memotivasi desa-desa wisata agar terus berkembang.

“Dengan adanya desa wisata dilombakan tiap tahun, tentu akan bisa menjadi semangat kami untuk mengembangkan desa wisata kami,” ungkap Winarto.

Ia juga berharap agar festival ini dapat menginspirasi desa-desa lain untuk membentuk desa wisata, sehingga turut serta menunjang perekonomian masyarakat di Blora.

Diketahui, diacara malam penganugerahan festival juga dihadiri oleh desa wisata dari Pakujembara (Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora). Hadir pula, tokoh masyarakat sedulur sikep Mbah Pramugi, Camat dan Forkopimcam Sambong, hingga perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Kudnadi Saputro