Para peserta mengikuti Seminar Komunikasi USM dengan tema ''Explore Your Talk with Public Speaking'', via zoom meeting, Sabtu (12/11/2022).

SEMARANG (SUARABARU.ID)- News Presenter RCTI Jogja, Emma Millania Kartini mengatakan, public speaking dapat menggerakkan audiens sesuai yang diinginkan.

”Public speaking dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan mengajak orang. Bahkan kemampuan public speaking yang baik dapat menggerakkan seseorang sesuai yang kita inginkan,” ujar Emma dalam Seminar Komunikasi USM dengan tema ”Explore Your Talk with Public Speaking”, via zoom meeting, Sabtu (12/11/2022).

Menurutnya, kemampuan public speaking perlu dimiliki semua orang karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu, public speaking dapat meningkatkan nilai diri yang akan membuat keunikan diri dan dinilai mampu menguasai audiens, mengajak, dan memotivasi.

”Kemampuan ini tidak dapat dipelajari hanya satu kali karena bersifat dinamis sehingga perlu eksplorasi dan berlatih setiap hari,” jelasnya.

Menurutnya, ada tiga elemen kunci public speaking adalah verbal, vokal, dan visual.

”Elemen public speaking terdiri atas verbal, vokal, dan visual. Verbal meliputi 3T yaitu Teratur (memilih kata dan kalimat yang disampaikan), Terstruktur (urutan materi dengan IBC), Terukur (bertujuan untuk tidak bertele-tele). Vokal meliputi Intonasi (mainkan, perkuat, dan perkaya intonasi), Volume (apakah volume sudah sesuai), Clarity (Kejelasan pengucapan, dan mengurangi penambahan kata), Visual meliputi Gestures (bagaimana gerak tubuh kita), Ekspresi wajah sesuai yang disampaikan, Postures pembawaan dalam kita menyampaikan, dan eye contact,” jelasnya.

Ketua Panitia, Faisal Kamal mengatakan, tujuan kegiatan untuk membantu orang yang merasa kurang percaya diri dan takut berbicara didepan umum.

”Saya berharap, dengan diadakannya seminar ini membantu orang yang takut berbicara di depan umum,” ujarnya.

Muhaimin