blank
Sebanyak 13 ketua PP Muhammadiyah hasil Muktamar ke 48 Muhammadiyah berfoto bersama. Foto: Dok Muktamar

Sebanyak 13 orang ketua mengemban amanah dengan kolektif kolegial dan tersistem sebagaimana karakter kepemimpinan Muhammadiyah.

Dirinya selaku ketua umum hanya sejengkal didepankan seinchi ditinggikan. Tetapi prinsip kepemimpinan adalah kepemimpinan kolektif kolegial.

Mengenai tugas yang hendak dijalankan pertama, Pimpinan Pusat Muhammadiyah diberi amanat menjalankan program Muktamar Muhammadiyah yang arahnya pada proses transformasi dinamis di masa depan.

Baik program umum maupun bidang yang arahnya Muhammadiyah unggul berkemajuan dalam berbagai aspek kehidupan.

Kedua , PP Muhammadiyah mengemban tugas menyosialisasikan serta menjadikan pandangan Islam Berkemajuan dalam risalah Islam berkemajuan untuk terus didialogkan dengan berbagai kalangan di dalam dan luar negeri.

Ini bertujuan agar pandangan Islam yang maju dan membawa rahmat kepada semesta alam jadi alam pikiran yang menyebar dan meluas serta terimplementasi dengan baik di perserikatan.

Ketiga, PP Muhammadiyah memiliki mandat untuk terus mendiskusikan dengan berbagai pihak mengenai isu strategis keumatan kebangsaan dan kemanusiaan universal sesuai porsi dan bidangnya.

Sehingga hasil muktamar juga dijadikan masukan penting bagi berbagai pihak baik pemerintah DPR, lembaga auxiliary, TNI Polri dan komponen bangsa lain bahkan dunia internasional.

Terakhir kepemimpinan PP Muhammadiyah merupakan satu mata rantai terstruktur dengan pimpinan wilayah, daerah, cabang ranting bahkan cabang istimewa di luar negeri.
“Maka kepemimpinan kami ke depan harus mampu mendinamisasi seluruh gerakan kepemimpinan secara nasional . Setelah Muktamar akan diikuti musyawarah wilayah, daerah, cabang dan ranting yang dijadwalkan sedemikian rupa sehingga dalam tiga bulan kedepan semua permusyawaratan sudah selesai,” kata Haedar Nashir.
Haedar Nashir juga menyampaikan terima kasih kepada media yang terus meliput Muktamar.

Lebih khusus juga menyampaikan terima kasih Presiden RI para menteri Kabinet pembanguna Indonesia Maju.

Lembaga negara serta para pihak yang berpartisipasi dalam pembukaan muktamar.

“Secara khusus kami memberi penghargaan tinggi pada Provinsi Jateng dan Pemkot Surakarta Mas Gibran dan tentu saja Unversitas Muhammadyah Surakarta yang telah menyelenggarkan Muktamar demikian maju modern dan luar biasa,” tambahnya.
Bagus Adji

 

 

 

Keterangan gambar :

 

 

 

 

 

 

Sebanyak 13 ketua PP Muhammadiyah hasil Muktamar ke 48 Muhammadiyah berfoto bersama (Dok Muktamar)