blank
Lapas Terbuka Kendal saat menerima kunjungan dari Undip dan meninjau lahan peternakan Lapas setempat. Foto: Dok/Lapas

KENDAL (SUARABARU.ID) – Lapas Terbuka Kendal menerima kunjungan Prof. Dr. Ir. Bambang selaku Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip yang didampingi Prof. Dr. I Nyoman Widiasa selaku Guru Besar Teknik Kimia Pengolahan Air Undip.

Prof. Bambang menyampaikan, dalam hal pertanian dan peternakan, LPT Kendal telah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan sangat memadai.

“Seperti bidang peternakan. Kandang yang ada sudah sangat memadai, kemudian mesin pencacah pakan, pencampur pakan, hingga mesin pencetak pelet pun sudah tersedia dan kondisinya cukup baik. Lalu, lahan pertanian yang luas juga didukung dengan alat kerja yang memadai seperti mesin pipil jagung, oven hingga blower,” kata Prof. Bambang, Minggu (20/11/2022).

Prof. Bambang mengatakan, lengkapnya sarana dan prasarana tersebut harus dimanfaatkan dengan baik melalui optimalisasi sistem kerja.

“Kami akan bekerja sama untuk mengoptimalkan teknis hingga SDM untuk memperoleh hasil peternakan dan pertanian yang maksimal,” ujarnya.

Sementara itu Prof. Nyoman menambahkan kedepanya akan ikut bekerja sama menggarap tambak udang yang ada di lahan produktif LPT Kendal. “Rencananya, kami akan berkolaborasi dengan LPT Kendal dalam menggarap 20 tambak udang dengan luas total kurang lebih 2 hektar,” ungkap dia.

Pihaknya berharap bisa memberikan pelajaran dan pendampingan mengenai budidaya udang vaname kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy menuturkan, kunjungan ini merupakan langkah awal kerja sama antara LPT Kendal dan Undip dalam sektor pertanian, peternakan, hingga perikanan.

“Kami yakin fasilitas memadai jika dibarengi dengan teknis dan SDM profesional akan mendapatkan hasil yang maksimal,” tukasnya.

“Kedepanya kami akan berkolaborasi dengan Prof. Bambang dan Prof. Nyoman dalam budidaya ayam pedaging dengan metode closed house hingga budidaya udang vaname dengan metode RAS,” imbuh dia.

Menurutnya, ini semua untuk membekali WBP ketika sudah bebas nanti. “Kami juga terbuka jika ada mahasiswa yang ingin melakukan praktikum di Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) LPT Kendal ini,” tambahnya.

Ning Suparningsih