blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mau jalan-jalan tapi nggak tega ninggalin hewan peliharaan di rumah? Boleh saja, kok, membawa hewan peliharaan ke tempat wisata. Apalagi, saat ini sudah banyak tempat wisata yang ramah dengan hewan peliharaan.

Tapi, sebelum kamu membawa hewan peliharaan berwisata, penting untuk memerhatikan 4 hal berikut, seperti dilansir dari News18:

1. Siapkan perlengkapan hewan peliharaan

Sebelum berwisata dengan hewan peliharaan, hal penting yang harus dipersiapkan yaitu perlengkapannya. Seperti yang diketahui, hewan peliharaan memiliki berbagai perlengkapan untuk kebutuhannya, mulai dari handuk, makanan, tali, mangkuk, tas, mainan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan perlengkapan hewan sehingga tidak sulit untuk mengurusnya di lokasi wisata.

2. Perhatikan kesehatan hewan

Pemilik juga penting untuk memperhatikan kesehatan hewan peliharaan. Untuk itu, penting untuk siap sedia membawa obat-obatan secara lengkap guna mencegah hewan mengalami saat di tempat wisata. Penting juga untuk memperhatikan kesehatan perut hewan.

Terkadang kendaraan dapat membuat hewan menjadi mabuk jika tidak terbiasa. Oleh karena itu, penting untuk pemilik siap siaga jika hal tersebut terjadi.

3. Ketahui aturan perjalanan

Pada beberapa transportasi umum, biasanya memiliki peraturan terkait membawa hewan peliharaan. Ada juga beberapa transportasi yang melarang untuk membawa hewan peliharaan. Untuk itu, sebelum memesan tiket transportasi, ketahui aturan terkait permasalah tersebut.

Usahakan cari tahu jenis transportasi yang mengizinkan membawa hewan peliharaan. Selain transportasi, lokasi penginapan juga penting untuk diperhatikan apakah boleh membawa hewan peliharaan atau tidak.

4. Membawa sertifikat vaksinasi

Sertifikat vaksinasi bagi hewan peliharaan adalah hal yang penting, apalagi dalam melakukan perjalanan. Hal ini karena sertifikat vaksinasi menjadi hal utama yang harus dipersiapkan untuk membawa hewan peliharaan berwisata.

Dengan adanya sertifikat vaksinasi dapat memastikan pihak transportasi atau hotel mengetahui jika hewan peliharaan tersebut dipastikan sehat dan terbebas dari berbagai penyakit.

Claudia